Harumkan Nama Indonesia, Inilah 5 Designer Lokal yang Karyanya Tembus Pasar Internasional

Harumkan Nama Indonesia, Inilah 5 Designer Lokal yang Karyanya Tembus Pasar Internasional

Sumber daya manusia Indonesia kini berhasil menelurkan berbagai karya di kancah internasional. Tak hanya karena kemampuan menembus persaingan dunia melalui bidang pariwisata dan lain sebagainya, sosok inspiratif tanah air juga berkontribusi mengharumkan nama Indonesia di dunia fashion. Berikut 5  daftar designer top lokal yang karyanya menembus pasar internasional.

1.Rinaldy A. Yunardi

Sumber gambar: Kompas.com

Nama Rinaldy A Yunardi mungkin sudah tak asing lagi di telinga masyarakat lokal. Karyanya yang ciamik berhasil menggebrak pasar internasional dan digemari selebriti dunia. Salah satu selebriti Indonesia yang menjadi langganan Koh Yung, begitu ia biasa disapa, adalah Syahrini. Sudah tak terhitung berapa kali Syahrini menggunakan aksesori rancangan Koh Yung dalam berbagai kesempatan. Selain itu, rancangan Rinaldy juga pernah dikenakan oleh artis mancanegara, sebut saja Lady Gaga, Beyonce, Ariana Grande, hingga Rihanna. Pada Tahun 2017 Rinaldy berhasil membawa pulang tiga piala di ajang lomba desain bergengsi tingkat dunia World of WeareableArt (WOW) di Selandia Baru. Sentuhan tangan Rinaldy juga sempat menjadi sorotan saat Madonna tampil di acara Met Gala di tahun 2018.

Salah satu karya Rinaldy A. Yunardi

2.Tex Saverio

Meskipun terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia, nama Tex Saverio sudah cukup akrab di dunia fesyen internasional. Pria kelahiran 28 Agustus 1984 di Jakarta ini mengaku sudah mencintai dunia mode sejak duduk dibangku SMP . Ia dikenal terutama sebagai perancang busana pengantin wanita dengan gaya glamour dan penuh fantasi. Namanya mulai mencuat ketika pada bulan September 2005 ia memenangi penghargaan nasional Mercedes-Benz Asia Fashion Award, sehingga ia dapat bersaing pada tingkat regional pada tahun berikutnya. Ketika itu ia menampilkan koleksi-koleksi untuk wanita maupun pria. Kesuksesannya itu dicapai melalui pengorbanan dengan meninggalkan sekolah sejak kelas 1 SMA dan memilih belajar merancang busana di Bunka Fashion School, Jakarta, lalu magang di Phalie Studio. Busana rancangannya semakin membuat heboh dunia ketika digunakan oleh Lady Gaga di beberapa kesempatan. Rio pun dijuluki Alexander McQueen of Indonesia, yang merupakan nama perancang busana asal Inggris dikenal karena keahliannya dalam merancang pakaian.

Salah satu kaya Tex Saverio

3.Fahrani

Sumber gambar: hot.detik.com

Lama menghilang dari dunia hiburan, aktor film Radit & Jani, yakni Fahrani sekaligus model ini diketahui lebih banyak menekuni profesi sebagai desainer lewat karya kacamatanya bernama Pawaka. Rancangan wanita dengan nama panjang Fahrani Pawaka Empel ini terkesan unik dan cenderung nyeleneh, namun hal ini lah yang menjadi daya pikat selebriti dunia. Sebut saja Lady Gaga, Rihanna, Dakota Fanning, hingga Billie Eilish pernah mengenakan hasil karya Fahrani.

4.Didiet Maulana

 Didiet Maulana berpose dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani.
Sumber foto : instagram /didietmaulana

Berbicara mengenai desainer tanah air yang sudah merambah dunia mode internasional tak lengkap rasanya jika tidak menyebut nama Didiet Maulana. Didiet pernah dipercaya merancang busana pada APEC Summit di Bali tahun 2013. Namanya pun semakin melambung ketika berkolaborasi bersama desainer Asia lainnya dengan merancang goodie bag untuk pemenang penghargaan Grammy Awards 2016. Tak tanggung-tanggung, Didiet baru-baru ini membawa koleksi busananya di acara Indonesian Cultural Late di London awal tahun kemarin. Beragama karya telah ditorehkan Didit . karya-karyanya pun membuat kagum banyak orang, mulai dari pejabat sekelas menteri hingga pramugari garuda Indonesia. Bahkan baru-baru ini Didiet mendesain 18 set pakaian seragam awak kabin Garuda Indonesia bertajuk “Puspa Nusantara”.

5.Sebastian Gunawan

Sumber foto: prestigeonline.com

Sebastian Gunawan adalah perancang mode papan atas Indonesia. Dia belajar di sekolah mode Susan Budiardjo, dan kemudian pindah ke Los Angeles untuk belajar di Istituto Artistico Dell Abbigliamento Marangoni di Milan, Italia. Setelah belajar mode di Italia, ia kembali ke Indonesia untuk mendirikan rumah mode sendiri. Sekian lama berkontribusi dalam industri mode tanah air, karya-karya Sebastian Gunawan terkenal dengan ciri khasnya dalam mengolah ornamen-ornamen khas Indonesia menjadi sebuah busana glamor. Desainer kondang yang akrab disapa Seba ini juga baru saja kembali mengharumkan nama Indonesia atas karyanya yang digunakan Halle Berry dalam ajang Costume Designer Guild Awards ke-21. Halle Berry mengenakan gaun berwarna gold dengan model peplum yang dominan karya Seba. Jika menilik kembali rancangannya, Sebastian Gunawan memang sudah malang melintang di dunia fesyen internasional dengan mengadakan fashion show di Kuala Lumpur, Bangkok, hingga Paris.

Salah satu karya Sebastian Gunawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *