5 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia

5 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia

Selain pesona budaya dan alamnya Indonesia memiliki citra rasa kuliner yang terkenal dengan keaslian dan bagaimana identitas bangsa ditunjukkan, banyak makanan khas Indonesia saat ini sudah tak asing lagi di berbagai belahan dunia.

Memiliki rasa yang kaya akan rempah, tak heran jika masyarakat Internasional juga menyukai makanan khas asal Indonesia. Seperti beberapa makanan khas Indonesia berikut.

1. Rendang

Salah satu menu makanan yang selalu digemari masyarakat Indonesia ini juga tersohor hingga penjuru dunia. Rendang, makanan khas asal Sumatera Barat yang kaya akan rasa rempah lokal ini berada di posisi pertama dalam jajaran 50 makanan dunia terenak versi CNN yang diadakan di Jerman beberapa waktu lalu.

Rasanya yang khas dan daging sapi  yang empuk dengan paduan rempah yang kaya rasa menjadi faktor penentu utama dari rendang itu sendiri. Tak jarang jika rendang menjadi salah satu makanan Indonesia yang dengan mudah mendapat hati dari masyarakat di belahan dunia.

2. Gado-gado

Jika biasanya kebanyakan salad sayur dipadukan dengan lumuran mayonaise, Indonesia juga memiliki salad sayur yang tak kalah nikmat. Gado-gado, makanan khas Jawa yang biasa disebut sebagai “saladnya” Indonesia juga cukup terkenal di luar negeri, terutama di Napoli, Italia.

Hal ini dikarenakan gado-gado pernah diikutsertakan dalam kompetisi yang bersaing dengan hidangan dari negara-negara lainnya dan meraih juara pertama. Terhitung dari nilai estetika yang dimiliki, keunikan bahan yang digunakan, serta cita rasa yang dinilai sangat tinggi.

3. Sate

Makanan asal Indonesia yang terbuat dari daging yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk sedemikian rupa, kemudian disajikan dengan berbagai macam bumbu yang bergantung pada variasi resep sate memang masih menjadi primadona siapa saja.

Tak hanya menjadi primadona di negeri sendiri, sate padang dan sate madura menjadi varian sate yang paling dikenal sekaligus favorit banyak orang tak terkecuali masyarakat Internasional.

Belakangan, tidak hanya wisatawan asing yang mencari dan ingin mencoba sate, tetapi sejumlah restoran internasional telah memasukkan sate dalam menunya. Seperti di kota New York, terdapat sebuah restoran bernama Satay Junction yang menyediakan sate ayam sebagai hidangan andalannya.

Sumber Foto: www.kompas.com

4. Nasi Goreng

Nasi merupakan kebutuhan pokok masyarakat Indonesia, banyak yang mengatakan “Belum makan kalau belum makan nasi”. Nasi juga bisa diolah menjadi banyak hidangan salah satunya nasi goreng. Nasi goreng juga dikenal sebagai masakan nasional Indonesia. Dari sekian banyak hidangan dalam khazanah Masakan Indonesia, hanya sedikit yang dapat dianggap sebagai makanan nasional sejati. Masakan nasional Indonesia ini tidak mengenal batasan kelas sosial.

Nasi goreng dapat dinikmati secara sederhana di warung tepi jalan, gerobak penjaja keliling, hingga restoran dan meja prasmanan dalam pesta. Makanan sejuta umat ini berhasil menempati posisi kedua dalam daftar “50 Makanan Terlezat di Dunia” pada tahun 2011 setelah rendang.

Sumber Foto: www.dapurkobe.co.id

5. Tempe

Salah satu makanan yang sudah tak asing bagi masyarakat Indonesia adalah Tempe. Makanan yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai yang bisa digabungkan atau disajikan dengan berbagai macam cara yang bervariatif.

Seperti masyarakat Jepang yang membuat tempe sebagai salah satu menu makanan hidangan favorit mereka. Hal ini berawal dari seseorang yang menjual tempe dalam sebuah bazar kuliner Jepang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *