Menghadapi Tantangan Usaha Retail dari Masa ke Masa

Menghadapi Tantangan Usaha Retail dari Masa ke Masa

Antonius I Made Restika, S.E.,M.M. – Varis Toko Grosir

Persaingan dalam dunia retail yang semakin kompleks, menjadi tantangan bagi para penggiat usaha di bidang ini. Salah satu penyebab persaingan yang semakin ketat, yakni menjamurnya toko retail berskala nasional. Di tambah dengan keadaan pandemi yang sampai saat ini belum membaik, membuat beberapa bisnis retail mengalami penurunan omset, dan memaksa pebisnis retail harus menciptakan inovasi – inovasi baru ditengah krisis ekonomi.

Bisnis retail menjadi bisnis incaran masyarakat dalam mengawali perjalanan usaha mereka. Dari segi produk yang ditawarkan, bisa meminimalisir kerugian karena menyangkut pemenuhan kebutuhan primer masyarakat. Apalagi produk dari distributor yang tersedia semakin bervariatif, begitu pula dengan harganya dari termurah hingga terproduk mahal tak menyulitkan customer untuk menemukan produk yang disesuaikan dengan kelas perekonomian mereka.

Di Bali sendiri, perkembangan bisnis retail tak hanya dipengaruhi gaya konsumsi oleh masyarakat lokal, tapi juga kedatangan wisatawan mancanegara. Hal ini yang membuat investor – investor luar mulai berlomba-lomba untuk mendirikan usaha retail mereka di pulau dewata, dan nasib pemilik retail lokal pun harus bekerja ekstra untuk mempertahankan usaha mereka.

Kenyataan ini, salah satunya menjadi tantangan dari penerus usaha Varis Toko Grosir, Antonius Made Restika. Setelah diawali pendirian usaha oleh orangtua, kini tantangan tersebut berlanjut di tangannya, bagaimana agar terus konsisten dalam ketekunan, yang nyatanya dalam mempertahankan usaha yang sudah ada, bisa dikatakan lebih sulit daripada memulainya.

Godaan – godaan kecil, seperti mendapatkan keuntungan yang besar dalam waktu singkat, bisa jadi salah satu tantangan wirausaha pemula dalam mempertahankan usaha mereka atau wirausahawan ditempatkan pada kondisi di mana sebenarnya modal yang dimiliki masih cukup, tetapi kemudian seakan terhipnotis untuk mengerahkan seluruh modalnya dalam rangka mengembangkan bisnis. Hal inilah yang patut diwaspadai, saat Antonius masih awam menjalani bisnis. Sedangkan kini seiring matangnya pengalamanan, kisahnya sudah berbeda, tantangan pun semakin kompleks baik faktor ekstrenal maupun internal.

Zaman Maju, dengan Tantangan Semakin Kompleks
Dengan penuh usaha, tenaga, dan tentunya manajemen waktu yang baik, Antonius mengelola Varis Toko Grosir bisnis tersebut agar bisa bertahan dalam persaingan dan kerasnya kemajuan dunia bisnis yang tentu berbeda jauh dengan zaman orangtuanya. Mengingatkan ia pada kalimat bijak yang mengatakan, “Segala sesuatu pasti mengalami perubahan, hanya perubahan itu sendiri yang tetap”. Maka agar tetap eksis dalam persaingan bisnis, sebuah perusahaan harus menyelaraskan dengan perubahan yang seiring dengan perkembangan zaman.

Sebelum diambil alih olehnya, Varis Toko Grosir didirikan atas gagasan dari orangtua Antonius, yang diawali dari sebagai pedagang keliling yang menjual kebutuhan sehari-hari. Seiring berjalannya waktu, usaha tersebut kian memiliki modal lebih untuk mendirikan sebuah warung. Tak berhenti sampai disana, dari warung sederhana, kemudian bertransformasi kembali, menjadi sebuah toko pada tahun 1989, yang awalnya berlokasi di Jalan Raya Beringkit.

Sepanjang perjalanan usaha, yang masih dikelola orangtua Antonius, juga tak luput dari kestagnan, darisanalah ia kemudian mengambil alih usaha tersebut dan berinisiatif untuk menggali informasi dari rekan-rekannya yang lebih senior dalam mengelola usaha serupa. Sebagai penerus, ia terus berupaya melakukan pembenahan dan mempertahankan usaha lokal di tengah menjamurnya toko-toko modern berskala nasional yang mempengaruhi penjualan. Ia yang telah terlibat secara langsung pada Varis Toko Grosir sejak SMA hingga saat ini sebagai penanggung jawab penuh, bisa merasakan keresahan sesama pemilik usaha retail lokal lainnya, akan kondisi ketidakseimbangan dalam angka penjualan. “Berharap pemerintah segera mengambil tindakan dan memperhatikan para pejuang usaha retail lokal, agar kami tak menjadi penonton di tanah sendiri, ungkapnya”.

Tak bisa hanya duduk manis menunggu kebijakan dari pemerintah, Antonius harus terus melakukan upaya kerasnya, diantaranya mengikuti kemajuan teknologi, dengan membuka pasar online Varis Toko Grosir yang beralamat di Jalan Mengwitani, ini. Selain bertujuan meningkatkan pendapatan yang tidak terbatas dalam menjual produk dalam jangkauan yang lebih luas, tindakan ini juga diharapkan akan meningkatkan kredibilitas usaha kepada calon customer, terlebih di tengah kondisi pandemi.

Dibalik berbagai tantangan yang mau tidak mau harus dihadapi sebagai pengusaha, Varis Toko Grosir tetap setia memberikan produk terbaik untuk konsumennya dan fokus pada pelanggan setianya oleh para staff dengan kinerja yang berpengalaman. Memberikan pelatihan secara berkala untuk mengoptimalkan kompetensi mereka, pun disadari Antonius harus dilakukan, guna menggali potensi dari para staff yang turut menjadi penyumbang poin akan kesuksesan dan panjangnya usia sebuah usaha.

Selain terus berjuang menggerakkan usaha di bidang retail, orangtua Antonius juga berani mengambil kesempatan melakukan akusisi atau pemindahan kepemilikan perusahaan yang bergerak di bidang BPR. Usaha ini diputuskan untuk diambil, bisa menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan usaha retailnya dan di sisi lain memperluas pengalaman usaha bidang lain.

Berkecimpung di usaha BPR yang berlabel PT. BPR Varis Mandiri berlokasi di Jl. Raya Mengwitani No.2x, Mengwi, Badung, tentu menjadi tantangan baru bagi keluarga Antonius. Namun bagi mereka, meski tidak memiliki latar belakang sama sekali di bidang ini, selagi memiliki keinginan kuat untuk mau terus belajar, tidak ada yang tidak mungkin di dunia untuk diselami. Kuncinya adalah memiliki passion dalam proses tersebut.

Tiba pada masa pencapaian dan pertahanan hingga di tahun 32 Varis Toko Grosir, Antonius meyakini segalanya tak akan terwujud tanpa campur tangan Tuhan, tentu dibarengi dengan tindakan nyata, menjadi faktor yang juga tidak kalah penting di tengah persaingan yang begitu cepat di zaman ini. Ia berharap usaha yang sudah dijerih payahkan orangtua, mampu melewati tantangan-tantangan yang tak hanya terjadi saat ini, tapi juga di masa depan demi berkontribusi kepada pelanggan yang masih setia berbelanja di Varis Toko Grosir sampai saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *