3 Efek Minum Kopi, Salah Satunya Bakar Lemak saat Istirahat

3 Efek Minum Kopi, Salah Satunya Bakar Lemak saat Istirahat

Ilustrasi segelas kopi.

Selama ini begitu banyak pendapat para ahli tentang efek minum kopi. Dan kini, seorang pakar diet mengatakan bahwa kopi mempengaruhi metabolisme yang bisa menurunkan berat badan.

Menurut ahli diet di klinik penurunan berat badan di salah satu kota pantai terpanas di Florida, metabolisme Anda meningkat segera setelah Anda menyesap kopi pertama, yang dapat membuat Anda makan lebih sehat, membakar lebih banyak kalori, dan bahkan menurunkan berat badan.

Donald Mankie, ahli diet terdaftar di Sarasota Memorial Bariatric and Metabolism Center yang baru saja berbicara dengan Majalah Sarasota untuk menjawab pertanyaan tentang apakah kopi memicu metabolisme. Mankie mengatakan: “Efek stimulasi pasti ada.”

Berikut efek ketika seseorang minum kopi ke metabolisme tubuh seperti dikutip dari Eat This:

1. Semangat berolahraga

Mankie mengatakan bahwa dalam arti yang paling sederhana, kopi membantu metabolisme Anda karena kafeinnya memberi Anda lebih banyak energi. Menurutnya, kafein dapat mengurangi persepsi “kelelahan” selama berolahraga, yang mungkin memberi Anda “keuletan” ekstra untuk memberi kekuatan melalui latihan Anda untuk memaksimalkan output Anda.

2. Bakar lemak Menurut Mankie, kopi juga dapat meningkatkan metabolisme Anda bahkan saat Anda tidak sedang bekerja keras, berkat “thermogenesis”, yang merupakan proses tubuh untuk menghasilkan panas.

Seperti yang dikatakan Katherine Zeratsky, ahli diet terdaftar di Mayo Clinic, kafein meningkatkan jumlah energi yang digunakan tubuh bahkan ketika Anda tidak aktif, dan ini berarti terjadi pembakaran kalori dalam jumlah yang lebih besar daripada istirahat saja.

3. Kopi juga dapat meningkatkan endorfin

Siapa pun yang pernah berhenti sejenak dari rutinitas olahraganya, baik karena sakit atau alasan apa pun, mungkin tahu betapa menakjubkan rasanya menyelesaikan latihan pertama setelah istirahat. Sebagian berasal dari endorfin—zat kimia penambah suasana hati—yang diproduksi tubuh selama berolahraga.

Mankie menjelaskan bahwa dengan cara yang sama, kopi meningkatkan produksi endorfin, yang dapat peningkatan perasaan sehat dan rangsangan, serta meningkatkan konsentrasi, tingkat energi, dan suasana hati.

Sumber : Liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *