Reaksi Gibran Saat Dikabarkan Terlibat dalam Pengadaan Tas Bansos Kemensos

Reaksi Gibran Saat Dikabarkan Terlibat dalam Pengadaan Tas Bansos Kemensos

Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, mengaku tak terlibat dalam pengadaan bantuan sosial berupa goodie bag dari perusahaan tekstil Sritex di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Menurutnya, pemberitaan soal itu tidak benar.  

Kabar tersebut sempat menjadi trending di Twitter dengan tagar #TangkapAnakPakLurah. “Tidak pernah seperti itu. Itu berita yang tidak benar,” kata Gibran, Senin (21/12/2020).

“Saya tegaskan lagi. Saya tidak pernah ikut-ikut yang namanya merekomendasikan, memerintah, apapun itu saya tidak pernah menerima apapun itu dari dana-dana bansos,” tegasnya lagi.

Gibran menyebut jika ingin main proyek, banyak proyek yang lebih besar. Dia lalu mencontohkan PLN hingga jalan tol.

“Kalau mau korupsi kok kenapa korupsinya baru sekarang, korupsinya nggak dulu-dulu. Nggak saya nggak pernah seperti itu. Kalau pengin proyek ya proyek yang lebih gede, PLN, Pertamina, jalan tol itu nilainya triliunan. Saya nggak pernah seperti itu. Apalagi ikut campur seperti itu,” tukasnya.

Gibran pun mengaku siap ditangkap jika terbukti bersalah. Dia juga angkat bicara soal tagar #tangkapanakpaklurah.

“Ya tangkap saja kalau salah. Tangkap aja kalau ada buktinya. Ini saya tegaskan lagi saya tidak pernah ikut-ikut. Tidak pernah yang namanya merekomendasikan memerintah atau apapun itu. Saya tidak pernah menerima apapun itu dari dana bansos,” kata Gibran yang ditemui seusai memberikan bantuan gizi di Banyuagung, Kadipiro, Solo, Senin (21/12/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Gibran mengaku kenal dengan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara, namun belum pernah bertemu langsung apalagi terlibat dalam kasus bansos. Seperti diketahui, Juliari tengah terjerat kasus dugaan suap bantuan sosial (bansos) sembako untuk masyarakat terdampak Covid-19 di Jabodetabek. Dia pun mempersilakan KPK untuk mengecek ke PT Sritex soal isu tersebut.

“Silakan nanti cek saja ke KPK, cek saja ke Sritex. Kalau ada buktinya sini, silakan dibuktikan. Nggak ada yang seperti itu. Itu berita-berita yang tidak benar, tidak ada buktinya. Sumbernya saya nggak tahu dari mana. Tapi saya nggak pernah ikut-ikutan seperti itu,” ucap Gibran.

Baca Juga : Kasus Dugaan Korupsi Bansos Covid-19, Mensos Juliari Batubara Ditahan KPK

Head of Corporate Communication PT Sri Rejeki Isman Tbk (Sritex), Joy Citradewi menjelaskan, soal pemesanan tas goodie bag memang benar. Namun, soal keterlibatan Gibran dalam pemesanan itu dibantahnya.

“Kami juga ingin mengklarifikasi bahwa tudingan yang beredar mengenai adanya rekomendasi dari Gibran Rakabuming Raka itu tidak benar. Kami menghormati proses hukum yang berlaku dan berharap isu ini dapat segera dituntaskan dengan baik,” terangnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, PT Sri Rejeki Isman Tbk mendapatkan pemesanan tas goodie bag untuk bansos oleh Kemensos pada April lalu. “Inquiry tersebut diterima oleh pihak marketing kami langsung dari Kemensos dan telah diproses sesuai dengan prosedur yang berlaku,” kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Begini Reaksi Gibran Saat Dikabarkan Terlibat dalam Pengadaan Tas Bansos Kemensos “

Editor : Michael Hangga Wismabrata

One thought on “Reaksi Gibran Saat Dikabarkan Terlibat dalam Pengadaan Tas Bansos Kemensos

Leave a Reply

Your email address will not be published.