Pelayanan Terbaik Sudah Esensialnya Usaha Bergerak di Bidang Jasa

Pelayanan Terbaik Sudah Esensialnya Usaha Bergerak di Bidang Jasa

Setelah memutuskan pamit dari pekerjaannya di lembaga keuangan sebelumnya, I Wayan Gede Maha Winartha mengajak rekan-rekannya untuk membentuk badan usaha koperasi. Memulai sesuatu dari nol, apalagi menyangkut kelekatan atau ikatan emosional yang berlandaskan rasa kepercayaan yang terjalin dengan baik memang tidaklah mudah. Namun segala sesuatunya pasti butuh proses, siapa yang menghargai perjalanan tersebut, niscaya akan siap hadapi tantangan-tantangan selanjutnya.

Berizin resmi di tahun 2014, Koperasi Prasidha Jaya Artha yang beralamat di Jalan Pulau Kawe No. 67 ini, dirintis oleh Winartha sambil membantu istri mengasuh anak yang masih bayi. Kalau saja, ia masih ada tanggung jawab pekerjaan sebagai karyawan, tentunya tak leluasa ia melakukan hal tersebut. Inilah sisi positif sekaligus tantangan dengan dirinya mulai mengambil langkah untuk berdiri di kaki sendiri. Dinamika selanjutnya ialah membangun kepercayaan masyarakat untuk menormalisasi pandangan mereka akan lembaga atau badan usaha yang seolah masih ‘dicap’ kurang profesional.

Baca Juga : ROM Physiotherapy Siap Mendorong Masyarakat Menyongsong Masa Depan dengan Aktivitas Hidup Sehat

Berkat konsistensi dalam mengdukasi masyarakat dalam kurun waktu setahun, mulai memberikan tanda-tanda pencerahan pada Koperasi Prasidha Jaya Artha. Tak ada trik khusus yang ia terapkan, hanya melaksanakan apa yang sudah seharusnya ia persiapkan sebagai ketua koperasi dan menjalankan sesuai ketentuan pemerintah. Seiring berjalannya waktu yang menjawab, justifikasi yang diperlihatkan kepada masyarakat tentang koperasi ini, berbuah hasil dengan menjadi bagian dari anggota Koperasi Prasidha Jaya Artha.

Gotong royong secara kekeluargaan dilakukan melalui pembenahan demi pembenahan yang terus diupayakan, sesuai dengan Asas Koperasi Indonesia. Dimulai dari yang esensial, yakni pelayanan dan komunikasi para ‘karyawan garis depan’, baik kantor maupun lapangan, harus memenuhi kriteria sebagai usaha yang bergerak di bidang jasa. Kemudian adaptasi digitalisasi, meski belum bisa diaplikasikan sepenuhnya, karena masih disesuaikan kebutuhan koperasi itu sendiri.

Terakhir, bukan berarti kurang penting, Winartha berharap apa yang menjadi kebutuhan modal para anggota koperasi, bisa selalu didukung oleh Koperasi Prasidha Jaya Artha dan menjadi badan usaha andalan, untuk menunjang kesejahteraan ekonomi para anggota.

Leave a Reply

Your email address will not be published.