ROM Physiotherapy Siap Mendorong Masyarakat Menyongsong Masa Depan dengan Aktivitas Hidup Sehat

ROM Physiotherapy Siap Mendorong Masyarakat Menyongsong Masa Depan dengan Aktivitas Hidup Sehat

Meningkatkan derajat kesehatan merupakan keinginan setiap individu dalam setiap rencana jangka panjang maupun pendek. Melakukan aktivitas fisik yang benar dan sesuai dengan usia akan sangat berdampak positif bagi kesehatan fisik, mental dan sosial.

Variabel aktivitas fisik inilah yang nyatanya sangat fundamental bagi kesehatan, tingkat stres pun bergantung pada aktivitas fisik yang dilakukan. Terlebih di era digital saat ini, di mana sebagian besar masyarakat Indonesia bekerja di depan layar dengan aktivitas rutin dalam posisi duduk yang terlalu lama, ataupun aktivitas – aktivitas yang berlebihan dengan pola makan yang tidak sehat.

Maka tak ayal jika dalam warsa terakhir keluhan – keluahan terkait cidera, nyeri otot dan saraf pun semakin meningkat, hal itu dikarenakan kurangnya aktivitas fisik yang menjadi faktor utama mekanisme pertahanan tubuh.

Baca Juga : Memaknai Kesederhanaan Dari Sosok Bersahaja Direktur PT. Angkasa Jaya

Adalah seorang entrepreneur muda kelahiran Denpasar bernama Putu Wandari Pranita yang mendedikasikan tujuannya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dengan membuat sebuah tempat penanganan dan rehabilitasi fungsi fisik bernama ‘ROM Physiotherapy’ yang saat ini terus bergerak dinamis dan menjadi titik sentral masyarakat Karangasem dalam pelayanan kesehatan.

Dengan niat tulus untuk membantu masyarakat, Putu Wandari Pranita jadikan ilmu fisioterapi sebagai media untuk mendorong masyarakat agar dapat menjalani hidup sehat. Dalam hal ini, menurutnya hal yang paling menjadi tantangan adalah selalu mengedukasi masyarakat terkait rutinitas yang dijalankan, agar dapat berimbang dengan aktivitas fisik yang benar, sehingga jika dilakukan dengan baik dan benar, hal itu dapat memecahkan masalah dan kebutuhan gerak fungsional untuk menstimulus kekuatan otot, kelenturan dan keseimbangan yang tak lain sebagai titik tumpu daya tahan tubuh.

ROM Physiotherapy sendiri resmi di buka dan hadir di tengah masyarat pada 24 Juni 2021, tepat saat masyarakat Indonesia masih dihantui isu pandemi yang memaksa setiap individu untuk beradaptasi dengan bekerja dari rumah / work from home. Menurut Putu hal ini jugalah yang tanpa disadari memicu dan meningkatkan tingkat stres, cidera otot dan saraf yang terjadi. Karena kebanyakan masyarakat yang bekerja di rumah tidak terlalu menghiraukan posisi tubuh dan properti, seperti kursi dan meja yang tidak sesuai untuk aktivitas harian yang memakan waktu lama, terlebih yang pekerjaannya hanya di depan komputer dan minim dengan aktivitas gerak.

Praktik ROM Physiotherapy, Putu Wandari Pranita lebih memfokuskan untuk membagikan ilmu kepada para pasiennya agar dapat mandiri dan tidak selalu bergantung pada pengobatan dan rehabilitasi yang berulang. Menurutnya hal ini di rasa penting, karena pada dasarnya fisioterapi merupakan ilmu yang menitikberatkan individu untuk menstabilkan atau memperbaiki gangguan fungsi gerak tubuh yang terganggu.

Oleh karena itu, pemberian edukasi kepada pasien merupakan keharusan agar kedepannya para pasien dapat melatih proses dari metode terapi geraknya sendiri di rumah. Sejatinya, sosok Putu Wandari Pranita hanya ingin melihat para pasiennya merasakan hidup sehat dengan kesempurnaan gerak yang bisa dilakukan dengan terapi secara mandiri. Tak heran jika dengan semua kredibilitas itu, ROM Physiotherapy milikinya dapat terus bergerak progresif dan meraksasa dengan organik.

Ditanya kunci suksesnya dalam membangun sebuah bisnis, Putu Wandari Pranita meyakini bahwa salah satu modal yang sangat dibutuhkan oleh seorang pengusaha adalah kemampuan untuk mencari peluang bisnis. Pengusaha haruslah kritis dan bisa memandang kebutuhan masyarakat. Karena seorang calon pengusaha yang sukses haruslah pandai menganalisa target pasar dan entitas kebutuhan masyarakat.

Baca Juga : Menjadi “Bank Desa” yang Membantu Masyarakat Petani Merambah di Bidang Agribisnis

Sosok Putu Wandari Pranita terlahir dari keluarga yang amat sederhana dan jauh dari kata mewah, orangtuanya berprofesi sebagai wirausahawan. Maka sedari kecil ia pun sudah terbiasa dengan aktivitas membantu pekerjaan kedua orangtuanya agar dapat mencukupi hajat hidup keluarganya.

Meski begitu, tidak pernah sekalipun ia mengeluh dengan apa yang dikerjakannya, karena di dalam lubuk hatinya, ia hanya ingin menjadi anak yang berbakti dan dapat membantu mencukupi keterbatasan ekonomi keluarganya. Dan siapa yang tahu, bahwa keseharian itulah yang membentuk mental gigih dan pantang menyerah sosok Putu Wandari Pranita yang kelak akan mengubah garis takdir hidupnya.

Dengan keadaan ekonomi yang serba pas – pasan, bukan berarti membuatnya menjadi patah arang dan tidak memiliki impian yang tinggi. Sedari kecil Putu Wandari Pranita sadar bahwa satu – satunya jalan untuk bisa mengubah garis takdir hidupnya adalah dengan terus menempuh pendidikan setinggi-tingginya. Keseriusan Putu Wandari Pranita dalam menekuni tiap aktivitas pendidikan itu terbukti menjadi energi pendorong yang dapat menghantarkannya menyelesaikan pendidikan kuliah hingga magister S2 dengan hasil gemilang.

Dari perjalanan Putu Wandari Pranita yang dapat dengan tegar dan gigih hingga sukses mendapatkan apa yang diimpikannya, kita banyak belajar tentang pentingnya memiliki tujuan hidup. Maka sebagai seorang insan, hendaklah kita mempunyai impian jangka panjang dan pandai menangkap peluang yang ada. Sesulit apapun keadaan hidup, janganlah takut untuk bermimpi besar. Seperti sosok Putu Wandari Pranita yang selalu berpikir postif dan menepis semua keraguan untuk menyongsong masa depan yang gemilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.