“KSU Sedana Masari” Saatnya Kreatifitas Anak Muda Ikut Terjun ke Dunia Koperasi

“KSU Sedana Masari” Saatnya Kreatifitas Anak Muda Ikut Terjun ke Dunia Koperasi

Koperasi yang awalnya bernafaskan semangat akan kebutuhan keluarga, kian berkembang ke kebutuhan finansial warga sekitar, terutama yang membutuhkan dana cepat. Support dari istri yang pernah bekerja sebagai karyawan bank, pun turut turun tangan berkontribusi dalam perintisan koperasi yang telah beroperasi selama 12 tahun tersebut, serta keluarga maupun kolega yang telah memiliki pengalaman di lembaga perekonomian.

Dari anggota awal hanya berasal dari keluarga, kini KSU Sedana Masari dapat merangkul lebih banyak anggota dari berbagai kalangan masyarakat di wilayahnya. Tantangan yang dijumpai tentu tak mudah, pasang surut koperasi sudah menjadi bagian dari perjalanan koperasi untuk membawa jam terbang dari sisi tim yang semakin profesional dan prestisius.

Baca Juga : Pemuda Berdikari Sukses Membangun Klinik Fisioterapi Dengan Niat Membantu Masyarakat Hidup Sehat

Menjaga kepercayaan, kendati di masa pandemi, menjadi suatu hal yang fundamental. Namun dalam ketidakjelasan situasi, sebagai ketua yang menahkodai jalannya koperasi, Komang Agus tak serta merta mewujudkan permintaan anggota yang berhubungan dengan kredit, demi menjaga likuiditas koperasi. Banyak faktor yang mempertimbangkan koperasi menyetujui pengajuan pinjaman, demi memitigasi resiko yang menyebabkan gagal bayar dan masalah di kemudian hari. Mulai dari analisa karakter peminjam maupun riwayat pinjaman sebelumnya menjadi catatan penting untuk meloloskan anggota mendapatkan kredit. Kini, kasus COVID-19 yang makin terkendali, diharapkan berangsur – angsur membawa kondisi ekonomi membaik dan stabil, dalam hal ini lembaga ekonomi seperti koperasi diharapkan hidup harmonis dengan masyarakat. Menjadi lembaga yang semakin bisa diandalkan dan transparan dalam menginformasikan laporan keuangan maupun kinerja tim yang rutin dievaluasi setiap tahunnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *