“LPD Desa Pakraman Senapahan” 30 Tahun Eksis Menjadi Lembaga Subtansial yang Berjalan Dengan Nilai Kekeluargaan

“LPD Desa Pakraman Senapahan” 30 Tahun Eksis Menjadi Lembaga Subtansial yang Berjalan Dengan Nilai Kekeluargaan

Strategi ini terbukti menjadi langkah fundamental, perlahan tapi pasti ‘LPD Desa Pakraman Senapahan’ berhasil membuka kembali jendela antusiasme masyarakat desa secara organik.

Karena mengelola lembaga seperti LPD menurutnya bukan menyangkut keuntungan individu, namun keguyuban untuk dapat maju bersama. Hal tersebut menjadi mindset dan juga visi bagi I Wayan Mudiana dalam menjalankan fungsi LPD yang dijalankan.

I Wayan Mudiana lahir dan dibesarkan di lingkungan keluarga yang amat sederhana, ayah dan ibunya berprofesi sebagai petani tulen. Maka, sedari kecil I Wayan Mudiana pun telah terbiasa membantu pergulatan ekonomi keluarga dengan membantu orang tuanya bertani. Aktivitas bertani dan berladang pun telah lekat dan menjadi kegiatannya sehari-hari.

Baca Juga : Pemuda Berdikari Sukses Membangun Klinik Fisioterapi Dengan Niat Membantu Masyarakat Hidup Sehat

Lembar kehidupan masa kecil, serta suri tauladan orang tuanya itulah yang mungkin tanpa sadar membangun semangat dan jiwa berdikari I Wayan Mudiana, sehingga semangat dan jiwa berdikari itu masih ia pegang teguh untuk menjalankan suatu lembaga kemasyarakatan yang diamanahkan kepadanya.

Berbicara tentang kunci suksesnya mengelola lembaga koperasi yang telah berdiri sejak tahun 1992 ini I Wayan Mudiana tetap condong dan menyesuaikan arah kebijakannya dengan kondisi kebutuhan krama desa. Seperti prosedur yang sederhana, proses yang singkat dan pendekatan sosial/emosional yang menjadi faktor paling esensial agar pertumbuhan lembaga dapat terus dekat dan bersinergi dengan berbagai lapisan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *