Menjadikan Koperasi Danakita Sebagai Instrumen Pemerataan Ekonomi yang Sehat dan Berkualitas

Menjadikan Koperasi Danakita Sebagai Instrumen Pemerataan Ekonomi yang Sehat dan Berkualitas

Hidup merupakan warna warni perjalanan yang membutuhkan kesetian pada tujuan yang ingin dicapai. Untuk itu seorang insan haruslah memiliki konsistensi akan minat dan ketekunan dalam mencapainya. Hidup akan dapat menjadi sebuah drama yang penuh akan keajaiban bagi mereka yang bersyukur dan menganggap pengalaman kehidupan merupakan guru terbaik yang menuntunnya.

Hal itu jugalah yang menjadi pola pikir sosok bersahaja bernama Drs. I Wayan Sarwa, M. Si atau biasa dipanggil Jero Mangku Sarwa ini mendedikasikan dirinya untuk turut membangun bangsa melalui lembaga koperasi. Perannya sebagai sosok manajer yang mengembangkan lembaga keuangan bernama ‘Koperasi Danakita’ selama lebih dari satu dekade, membuatnya dapat memaknai esensi dari apa yang diamanahkan masyarakat kepadanya.

Melalui Koperasi Danakita, Jero Mangku Sarwa terus bergerak dinamis menciptakan langkah-langkah progresif untuk memfasilitasi dan mendorong pelaku UMKM dalam mengoptimalkan usahanya. Sehingga koperasi akan menjadi soko guru ekonomi nasional pun kini memang terbukti, lewat tangan dinginnya ‘Koperasi Danakita’ terus menjalankan peran keterlibatannya dalam memotori roda industri dan perekonomian seluruh lapisan masyarakat di suatu wilayah.

Baca Juga : Maju dengan Berlandaskan Nilai Kejujuran Untuk Membangun LPD Desa Adat Penginyahan yang Kredibel

Menjadi seseorang yang dipercaya untuk membangun sebuah lembaga kemasyarakatan memang bukan hal yang mudah seperti membalikkan telapak tangan. Selain dibutuhkan strategi yang tepat, juga dibutuhkan sikap mental yang kuat untuk menunjang kesuksesan dalam berbagai macam program yang dijalankan.

Tapi memang proses dan hasil adalah dua hal yang saling berkaitan erat satu sama lain. Agar bisa mendapatkan hasil yang diinginkan, seorang insan harus menjalani berbagai macam proses terlebih dahulu. Namun, ada banyak orang yang merasa tidak sabar dan ingin memperoleh hasil dengan cara instan, alhasil ketika dibenturkan dengan kegagalan, ia pun akan segera menyerah.

Hal itulah yang ingin ditepis oleh Jero Mangku Sarwa, dengan menikmati setiap lembar alur kehidupannya, ia mampu belajar dan dapat terus berproses menaklukan berbagai macam kendala yang dihadapkan.

Jero Mangku Sarwa terlahir dari keluarga yang sangat sederhana. Orang tuanya berprofesi sebagai petani yang kemudian diamanahkan menjabat sebagai Perbekel Desa. Kegigihan dan suri tauladan orang tuanya memang telah menjadi tonggak insiprasi bagi kesebelas anaknya. Meskipun harus hidup serba pas-pasan, orang tuanya tetap tak patah arang dan gigih memperjuangkan kebutuhan pendidikan anak-anaknya.

Mungkin lembar kehidupan inilah yang tanpa sadar kemudian membentuk karakter Jero Mangku Sarwa menjadi sosok yang disiplin dan gigih dalam memperjuangkan masa depannya.

Dari sikap gigih kedua orang tuanya, Jero Mangku Sarwa kemudian dapat menyelesaikan pendidikan ekonomi strata 1 nya di kota Malang dengan hasil yang gemilang. Jero Mangku Sarwa yang tahu benar akan perjuangan orang tuanya dalam memenuhi hajat hidupnya, kemudian bertekad untuk segera dapat berdikari. Alhasil, setelah menamatkan kuliahnya Jero Mangku Sarwa kemudian bermigrasi ke Jakarta dan mendapatkan kesempatan untuk bekerja di sebuah bank swasta dari tahun 1985 hingga 1997.

Lebih dari satu dekade menekuni dunia perbankan di Ibukota, membuatnya kemudian memiliki pengalaman yang luas dalam bidang tersebut. Alhasil Jero Mangku Sarwa pun kemudian bertekad untuk kembali ke kampung halaman dan mempunyai impian untuk dapat turut mengambil peran membangun desa tercinta dengan bekal ilmu yang ia miliki.

Tekad yang kuat itu kemudian berbuah manis dengan terbentuknya sebuah koperasi bernama ‘Koperasi Danakita’ pada tahun 2007 yang pada awalnya beranggotakan 83 orang rekannya. Berbagai pembenahan dan program pun selalu ia garap dan koordinasikan dengan para pengurus dan anggota secara berkala. Hal itu bertujuan agar program – program yang dihadirkan Koperasi Danakita akan dapat selalu tepat sasaran dan dirasakan langsung manfaatnya bagi masyarakat.

Sebagai seorang yang memiliki latar belakang ilmu perbankan, Jero Mangku Sarwa sangat paham bahwa layananan administrasi haruslah dapat terlaksana dengan baik, oleh karena itu sumber daya manusia tetap memegang peranan yang sangat penting dalam jalannya koperasi ini. Untuk memastikan layanan administrasi yang tetap terjaga dengan baik, Koperasi Danakita terus memberikan evaluasi kinerja dan memfasilitasi kebutuhan kinerjanya agar dapat terus memberikan pelayanan optimal.

Program untuk mendorong para pelaku UMKM pun terus difokuskan arah kebijakannya agar dapat menaikkelaskan pelaku usaha melalui koperasi, sehingga dapat mewujudkan ekonomi mandiri dan menjadi motor penggerak industri masyarakatnya.

Jero Mangku Sarwa pun terus mempersiapkan Koperasi Danakita untuk menjadi suatu lembaga yang mempunyai nilai ekosistem yang sehat, komprehensif dan modern. Sehingga dapat efisien dan memberikan kemudahan bagi seluruh lapisan masyarakat.

Alhasil hingga saat ini Koperasi Danakita dapat terus menunjukkan kualitasnya dengan membangun koperasi yang sehat dan berkualitas. Hal itu juga sejalan dengan animo masyarakat yang semakin terpacu mendorong kesejahteraan bersama dengan turut serta tergabung dalam Koperasi Danakita yang saat ini beranggotakan lebih dari 1300 orang dan terus bertumbuh.

Ditanya kunci suksesnya, Jero Mangku Sarwa meyakini bahwa sikap disiplin dan mau belajar merupakan hal paling esensial yang menghantarkannya ke titik saat ini. Dalam hal ini, baginya seseorang harus belajar dan memiliki integritas untuk terus meningkatkan pengembangan diri dan kualitasnya.

Baca Juga : Memilih di Bidang Toko Bahan Bangunan Dibandingkan Pariwisata Seperti Rekan – Rekannya

Proses inilah yang dinikmati Jero Mangku Sarwa dengan sepenuh hati, sehingga kesungguhannya itu selanjutnya memunculkan kerja keras dalam setiap usaha dan sesuatu yang diamanahkan kepadanya. Dengan itu mental postitif pun terbentuk dan tidak bertindak sembarangan, melainkan akan berusaha sebaik mungkin dalam menjalankan segala sesuatunya.

Di setiap jatuh bangun dan pahit getir perjalanannya dalam meniti karir, Jero Mangku Sarwa juga meyakini bahwa doa dan sikap optimis merupakan suatu hal yang saling terkait untuk menemukan jalan dan pembelajaran agar dapat menghadapi berbagai hambatan dan persoalan.

Ia pun selalu memberikan bentuk apresiasi, sebagai bukti rasa menghargai atas hasil kerja yang telah ia lakukan, terlebih dengan itu ia dapat membahagiakan keluarga dan berguna bagi lingkungan disekitarnya, baginya itulah kesuksesan yang sesungguhnya.

Dapat terus bersinergi membangun desa ke arah hilir persatuan dengan kekuatan ekonomi mandiri masyarakatnya merupakan hal yang selalu menjadi fokus ‘Koperasi Danakita’ sedari awal berdiri hingga saat ini.

Dengan sumber daya manusia yang berkualitas, ditambah dengan pelayanan yang baik dan regulatif, Koperasi Danakita telah terbukti kredibilitasnya sebagai instrumen yang memberikan manfaat bagi lingkungan sosial sekitarnya.

Harapannya program – program yang dijalankan juga dapat menambah interelasi semua lapisan masyarakat sehingga dapat menjadi lembaga yang substansial dan mengena untuk kebutuhan masyarakat itu sendiri, juga sebagai sarana untuk mencapai pemerataan ekonomi yang dapat membantu pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi disuatu wilayah yang berwatak sosial dengan asas tolong menolong.

One thought on “Menjadikan Koperasi Danakita Sebagai Instrumen Pemerataan Ekonomi yang Sehat dan Berkualitas

Leave a Reply

Your email address will not be published.