Meski Menghadapi Kondisi Pandemi LPD Desa Adat Gablogan Berupaya Memberikan Kontribusi Untuk Krama

Meski Menghadapi Kondisi Pandemi LPD Desa Adat Gablogan Berupaya Memberikan Kontribusi Untuk Krama

I Wayan Sunama Adiyasa, pimpinan atau pemucuk dari Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Adat Gablogan yang berlokasi di Desa Berembeng, Kec. Selemadeg, Kabupaten Tabanan ini, telah mengemban kepercayaan tersebut seja tahun 2004. Diungkapkan olehnya tak ada sama sekali keinginan bahkan pengalaman bekerja di bidang pengeloaan keuangan. Namun karena Prajuru Desa Adat yang secara langsung sudah memberikan amanat tersebut, pria kelahiran 5 Mei 1971 ini, pun berupaya seoptimal mungkin menjalankan kewajiban tersebut, demi krama desa adat dan desa kelahiran sendiri.

Sebagai lembaga jasa pengelolaan keuangan milik krama, tentu dibutuhkan kepercayaan krama itu sendiri untuk bergabung sebagai nasabah di LPD Desa Adat Gablogan. Tantangan tersebut pun sempat dirasakan I Wayan Sunama Adiyasa, Prajuru Desa dan jajaran staf LPD Desa Adat Gablogan. “Kami benar-benar merintis LPD Desa Adat Gablogan dari nol, dari aset hanya 50 jutaan, kemudian tahun 2010 aset mulai mengalami kenaikan sebesar 200 juta rupiah” ucapnya.

Baca Juga : KSP Sunari Jaya Jalankan Operasional Dengan Profesional

Tahun 2019, kembali disambut dengan kenaikan aset sebesar 3 miliar rupiah, bagi I Wayan Sunama Adiyasa patut disyukuri dan menghargai perjuangan seluruh stakeholder LPD Desa Adat Gablogan. Peningkatan demi peningkatan yang positif tersebut, setimpal dengan upaya demi upaya yang dilakukan diantaranya penyediaan dana untuk krama yang ingin meminjam, terjun langsung melakukan edukasi, terutama benefit LPD Desa Adat Gablogan kepada krama maupun pembangunan desa adat.

Pembenahan selanjutnya dilakukan dimulai dari kebutuhan sumber daya manusianya yang masih kurang, hingga kini dilengkapi dengan pengurus sebanyak tiga orang, satu orang bendahara dan satu orang di bagian pembukuan. Pelayanan untuk saat ini masih ada yang tersedia secara manual dan juga mengikuti sistem digitalisasi, namun hanya disesuaikan dengan bagian pelayanan yang benar-benar membutuhkan sistem tersebut.

Membangun kepercayaan krama untuk memanfaatkan produk – produk yang ditawarkan LPD Desa Adat Gablogan, menjadi daya tarik selanjutnya. Dalam hal menarik minat krama, pengurus LPD Desa Adat Gablogan membuat gebrakan melalui program Tabungan Siaga. Tabungan ini merupakan tabungan berjangka yang telah berjalan selama lima tahun dan banyak dimanfaatkan masyarakat.

Disamping itu, di masa pandemi untuk meringankan beban krama Gablogan terkait krisis ekonomi yang ditimbulkan, LPD Desa Adat Gablogan memberikan paket sembako selama 14 hari, khususnya bagi mereka yang melakukan isolasi mandiri di rumah dengan nilai Rp. 100 ribu setiap paketnya. Tak sampai di sana, meski LPD Desa Adat Gablogan pada tahun buku 2020 mengalami masa sulit karena pandemi, tetap mampu menyerahkan dana pembangunan ke desa adat sebesar Rp 18,7 juta atau 20% dari pencapaian laba.

Baca Juga : Terus Bergerak Masif Membentuk Lingkungan Masyarakat yang Produktif

Masih di tahun yang sama, LPD Desa Adat Gablogan yang menaungi dua banjar ini yaitu dengan jumlah penduduk sebanyak 180 KK, mengalami kenaikan aset sebesar 2,8 miliar rupiah atau dengan peningkatan persentase sebesar 20%. Per Januari aset LPD terus meningkat menjadi 3 miliar rupiah. Pada Laba LPD Desa Adat Gablogan tahun 2019 sebesar Rp 82 juta, mengalami juga peningkatan tercatat Rp 84 juta atau ada peningkatan 2%.

Pihaknya pun berencana akan lebih mengenjot di sektor tabungan berjangka seperti Tabungan Siaga, Tabungan Hari Raya dengan jangka waktu 1 sampai 10 tahun. “Karena dapat dirasakan setiap tahunnya oleh masyarakat dan tujuan kita luncurkan tabungan program berjangka agar masyarakat dapat sedini mungkin belajar menabung lewat LPD. Sehingga segala sesuatu bisa direncanakan lewat tabungan berjangka ini,” ucapnya.

Atas kontribusi nyata yang diberikan, diharapkan krama Gablogan semakin tertarik mengakses layanan lembaga keuangan yang dimiliki desa adat ini. Secara tidak langsung krama pun ikut memelihara LPD sehingga dapat terus memberi benefit – benefit yang lebih luas kedepannya. Dengan komitmen pelayanan yang berkualitas dan rasa kekeluargaan, LPD Desa Adat Gablogan berupaya akan terus memberikan layanan terbaik dalam pemenuhan kebutuhan dana maupun pengelolaan keuangan krama apapun tantangannya kedepan, pungkas I Wayan Sunama Adiyasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.