Belajar dari Usaha Penggilingan Padi, Sukses Merintis Toko Material Bangunan

Belajar dari Usaha Penggilingan Padi, Sukses Merintis Toko Material Bangunan

I Wayan Wisada Nuraga – UD. Karya Bangun

Dibalik keseriusan mencoba, ternyata membuahkan hasil menjadi usaha yang siap menggandeng I Wayan Wisada Nuraga memenuhi kebutuhan keluarga. Dengan penuh pengharapan, ia mencoba berbagai produk untuk dijual, demi menemukan potensi usaha apa yang cocok dan paling banyak dibutuhkan masyarakat. Sampai pada akhirnya, keuletannya membuahkan hasil dan jatuh pada usaha penyediaan material bangunan, berpapan nama “UD. Karya Bangun”.

Dari membuka toko kelontong yang menawarkan perlengkapan alat tulis, hingga kebutuhan rumah tangga, pernah ditekuni Wayan Wisada. Setahun kemudian ia menemukan pencerahan untuk beralih ke toko bangunan, karena potensinya lebih menguntungkan ia dapatkan, dibandingkan produk – produk yang ia jual sebelumnya.
Keluarga pun memberi dukungan atas keputusannya pria kelahiran Perean, Tabanan 12 Februari 1960 ini. Karena tanpa adanya dukungan, mungkin ia tak mampu menjalaninya semaksimal mungkin. Terlebih ia telah meninggalkan usaha orangtua yang diharapkan sebelumnya, akan dijalankan olehnya.

Baca Juga : Jeli Melihat Peluang dari Hobi dan Profesi

Bukan bisnis namanya, bila tak berbenturan dengan kata modal. Wayan Wisada sebagai pelaku usaha pun berupaya memenuhi kebutuhan satu ini, dengan melakukan peminjaman pada pihak yang bisa diandalkan, yakni di bank. Ia pun sebagai peminjam wajib memberikan kepercayaan, bahwa usahanya dapat berjalan dan mampu mengelola keuangan dengan baik.

Tantangan merintis usaha pun dari nol pun dimulai, Wayan Wisada tak hanya mengolah modalnya agar bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Tapi juga pola pikirnya, agar tak patah semangat apapun tantangan yang ia jumpai kedepannya. Jauhkan pikiran pesimis dan abaikan segala hal yang bisa menjatuhkan kepercayaan dirinya.

Wayan Wisada mengelola bisnisnya dengan seapik mungkin, dari nama usaha pun, ia sempat berganti-ganti. Mencari nama yang ia yakini, akan menjadi doa dan reputasi baik untuk usahanya. Dipilihlah nama “UD. Karya Bangun”, yang cukup mewakilkan dari visi misinya membangun toko material bangunan.

Berlokasi di Jalan Raya Denpasar, Perean Tengah, Kec. Baturiti, UD. Karya Bangun sukses didirikan Wayan Wisada, seiring respon positif masyarakat yang mempercayakan kebutuhan material, dengan mengunjungi UD. Karya Bangun. Sudah tak sedikit memang tipe usaha ini di kota Tabanan, daripada itu Wayan Wisada berupaya memberikan pelayanan terbaik dan mengutamakan kepuasaan konsumen.

Baca Juga : Dari Rasa Penasaran Timbul Keinginan untuk Sukses

Dari tidak mengetahui pengetahuan dan pengalaman tentang manajemen keuangan dan staff, Wayan Wisada mempelajarinya secara otodiak. Seiring pengalaman yang mengalir begitu saja, bisa dikatakan ia pun mulai menguasainya dan bisa mengandalkan kemampuan yang ia miliki, yang diharapkan akan semakin matang nantinya.

Pelajaran berwirausaha tak hanya Wayan Wisada dapatkan setelah ia mulai membangun UD. Karya Bangun. Sejak remaja, orangtua yang menafkahi keluarga dengan bekerja sebagai pedagang, sudah terbiasa ia saksikan dan ikut memberikan bantuan. Dari pedagang, orangtua kemudian sukses memiliki usaha penggilingan beras.

Dari usaha penggilingan inilah diharapkan Wayan Wisada akan meneruskannya, namun tak semudah yang dibayangkan, kemajuan zaman tak mampu mempertahankan usaha ini. Di mana lahan semakin sempit, berimbas bahan baku semakin sulit didapatkan. Akhirnya usaha pun putus di tangan orangtua, karena tidak ada harapan untuk dilanjutkan.

Wayan Wisada pun bersyukur bisa mengulang kembali kesuksesan orangtuanya, meski di bidang yang berbeda. Ia pun meyakini warisan dari didikan selama mengelola usaha penggilingan padilah yang memberi pengaruh positif pada pencapaiannya saat ini. Ia tak bisa membayangkan bila masa mudanya tak diisi dengan kegiatan yang berguna, mungkin ia tak akan semandiri ini dalam membangun finansial, terutama melalui tantangan-tantangan dalam berwirausaha dengan upaya terbaik.

One thought on “Belajar dari Usaha Penggilingan Padi, Sukses Merintis Toko Material Bangunan

Leave a Reply

Your email address will not be published.