Jeli Melihat Peluang dari Hobi dan Profesi

Jeli Melihat Peluang dari Hobi dan Profesi

drh. Liza Harwinanto – Estimo Pet House (Shop & Clinic)

Bisnis yang berbasis hobi, akan mudah sekali dikerjakan dan dijalani oleh pelaku bisnisnya, karena berangkat dari hobi sudah pasti gairah saat menekuninya juga didasari dengan hati. Maka, bisnis seperti inilah yang menurut drh. Liza Harwinanto sangat relevan baginya untuk ditekuni. Berawal dari hobinya berbisnis dan impiannya untuk menjadi seorang dokter hewan, ia pun mulai merintis usaha yang sejalan dengan hobi dan profesinya.

Sebuah usaha yang bergerak di bidang penyediaan produk dan jasa bagi keperluan hewan bernama ‘Estimo Pet House (Shop & Clinic)’ yang berkat tangan dinginnya bisnis ini dapat terus berkembang dan menggurita, terhitung hingga saat ini ada empat toko yang telah tersebar di titik – titik sentral kota Bali. Tentu kesuksesan drh. Liza Harwinanto dalam menjalankan bisnis ini telah melewati proses panjang yang setapak demi setapak jalannya dihiasi oleh tantangan krikil tajam yang pelan-pelan harus ia lewati.

Pebisnis wanita kelahiran Jakarta ini terlahir dari keluarga yang sangat sederhana, maka tak heran jika sedari kecil orangtua mendidiknya untuk bisa mandiri dan berdikari untuk memenuhi kebutuhan – kebutuhan pribadinya. Namun siapa sangka, dari pola didik dan kebiasaan yang diterapkan orangtuanya itulah perlahan – perlahan membentuk karakter drh. Liza Harwinanto untuk tidak bergatung pada orang lain dan memiliki keyakinan kuat untuk menjadi seorang entrepreneur dengan ide dan inovasi yang dimilikinya.

Baca Juga : Menjalani Hidup dan Sukses dengan Menjadi Versi Terbaik Kita

Menjadi seorang entrepreneur merupakan salah satu langkah untuk mencapai sebuah kesuksesan. Maka tak heran jika hampir setiap orang ingin menjadi wirausahawan yang suskes, namun hanya segelintir orang yang serius untuk ‘take action’ dalam mewujudkan impiannya. Sedari kecil drh. Liza Harwinanto memang sudah terlihat berprestasi dalam bidang akademis, tidak hanya itu, ia juga berprestasi menekuni dunia olahraga tenis, sehingga berkat kepiawaiannya ia pun mendapatkan sponsor yang kedepannya ingin mengarahkannya sebagai atlet. Namun prinsip hidupnya yang tidak ingin terkotak hanya dengan dunia itu – itu saja, ia pun memilih tidak mengambil kesampatan itu untuk menjadi seorang atlet, meskipun telah mendapatkan sponsor. Baginya mencoba hal lain dan baru terlihat lebih menarik untuk dijalankan, maka ia pun kembali melanjutkan pendidikan formal pada umumnya.

Mendapatkan prestasi adalah suatu kebanggaan, baik itu bagi diri sendiri, orangtua, keluarga dan guru. Bukan hanya prestasi belajar dalam akademik atau dunia pendidikan saja, prestasi juga bisa didapatkan dalam hal lain, seperti prestasi olahraga, kreativitas, atau pun seni. Karenanya dunia prestasi dan pencapaian akan selalu menjadi milik orang – orang optimis dan mempunyai prinsip.

Hal itu terbukti pada drh. Liza Harwinanto sikap optimisnya membuat sosoknya terus gemilang, setelah menamatkan sekolahnya, ia pun langsung dihadapkan dengan mendapat beasiswa kejuruan dokter umum di perguruan tinggi UGM. Namun lagi – lagi prinsip hidupnya yang kuat, juga impiannya yang sedari dulu ingin menjadi dokter hewan memantapkan pilihannya untuk tetap di garis itu, maka beasiswa kejuruan dokter umum pun dilepasnya dan memilih untuk menimba ilmu kedokteran hewan di perguruan tinggi IPB.

Memang jika hati telah mantap memilih, maka langkah kaki pun tak pernah ragu untuk menapaki masa depan yang dipilih, meskipun pada awalnya pilihan itu mendapatkan respon yang kurang begitu baik dari orangtuanya, karena bagi orangtuanya dunia kedokteran hewan saat itu kurang begitu menjanjikan untuk masa depannya.

Namun dengan sepenuh hati drh. Liza Harwinanto tetap melanjutkan jalan yang dipilihnya, di dalam hatinya telah ia sematkan sebuah tekad untuk membuktikan bahwa menjadi dokter hewan juga dapat memiliki masa depan yang sama dengan dokter-dokter lainnya, selagi kita mempunyai kegigihan dan tekad yang kuat untuk terus bergerak dengan ide dan inovasi yang ada.

Setelah menuntaskan perguruan tingginya di IPB tak lantas membuatnya cepat berpuas hati dengan bekal ilmu yang di dapat, ia pun kembali ingin mempelajari sesuatu yang lebih, yang bisa mengkerucutkan pengetahuannya pada ilmu tentang kesehatan hewan anjing dan babi. Akhirnya kesempatan itu ia dapatkan dengan melanjutkan kembali menimba ilmu di Universtas Udayana Bali. Kesempatan ini jugalah yang pada akhirnya menjadi titik awal perjalanan hidup drh. Liza Harwinanto dalam merintis karirnya di pulau dewata.

Baca Juga : Berdedikasi sebagai Pelayanan Masyarakat maupun Berwirausaha

Karir drh. Liza Harwinanto di Bali diawali dengan menjadi dokter klinik di salah satu toko pet shop. Seperti pribahasa “sambil menyelam minum air” ia pun tidak menyia-nyiakan kesempatan ini untuk mempelajari setiap seluk beluk ilmu tentang bisnis ini. Karena setalah diobservasi lebih jauh ternyata bisnis ini sangat mempunyai masa depan yang bagus.

“Bisnis pet shop bisa memiliki pemasukan yang fantastis, karena income yang didapat bukan hanya dari penjualan produknya saja, tapi juga bisa di dapat dari penjualan jasa, seperti penitipan, dan grooming” Maka setelah mendapatkan edukasi yang di rasa cukup, tak menunggu waktu lama drh. Liza Harwinanto pun memantapkan langkahnya untuk memulai merintis toko pet shop milik dirinya sendiri.

Awal tahun 2012 ‘Estimo Pet House (Shop & Clinic)’ dimulainya dengan toko kecil berukuran 5×4 meter, sebagai seorang pengusaha ia mempuanyai prespektif bahwa bukan masalah besar kecilnya ukuran toko, atau seberapa besar modal yang dimiliki. Namun poin penting baginya saat memulai bisnisnya adalah membangun edukasi kepada masyarakat, dengan ilmu yang ia miliki, tentunya ini sangat menguntungkan dan berperan penting kepada para konsumen yang hendak membeli produk di tempatnya, karena sebagai seorang dokter ia dapat merekomendasikan produk – produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, dengan itu konsumen yang berbelanja di tempatnya bisa mendapat kepuasan dengan pengetahuan – pengetahuan baru seputar dunia kebutuhan hewan.

Tak hanya itu, poin lain yang tak kalah penting setelah bisnis mulai berkembang adalah merekrut orang yang bisa dipercaya, karena baginya diperlukan orang – orang yang bisa dipercaya untuk membantunya menjalankan bisnis ini, karena pasar bisnis ini sangat luas, maka merekrut orang – orang yang mengerti pet grooming, pet clinic atau pet sitting dalam bidang ini akan sangat penting karena ketika pekerjaan dilakukan oleh orang – orang yang mengerti dan sudah biasa merawat hewan, maka kepercayaan konsumen pun akan terjaga, dan dari hal ini juga relasi- relasi dapat terjalin dengan jangkauan yang lebih luas.

Strategi dan inovasi dalam bisnisnya perlahan – lahan mulai membuahkan hasil, dari toko kecil berukuran 5×4 meter, sekarang drh. Liza Harwinanto dapat membuka cabang-cabang baru tokonya yang tentu sekarang sangat proper dengan berbagai fasilitas dan tenaga kerja yang profesional. Jadi masyarakat Bali atau pun para ekspatriat pecinta hewan sekarang tak perlu bingung untuk mencari tempat yang nyaman untuk berbelanja maupun berkonsultasi seputar kebutuhan dan kesehatan hewan, karena ‘Estimo Pet House (Shop & Clinic)’ sekarang sudah dilengkapi dengan klinik yang berkualitas. Akseptabel untuk grooming dan penitipan. Maka jangan ragu untuk berkonsultasi terlebih dahulu baik via telepon ataupun datang secara langsung. Kalian bisa memakai aplikasi google maps pada ponsel untuk mendapatkan akses cabang terdekat dari tempat kalian saat ini.

Bisnis pet shop adalah bisnis yang cukup beresiko jika tidak mempersiapkannya dengan matang, namun bisnis ini bisa menjadi bisnis yang sangat menjanjikan jika memiliki strategi dan inovasi yang terus bergerak dinamis, terlebih di masa pandemi saat ini. Semua orang dituntut untuk berpikir lebih keras perihal bagaimana dapat bertahan ditengah terpaan keadaan yang mencekit. Namun kondisi ini bukanlah waktu untuk meratapi apa yang terjadi atau lebih lagi berpasrah diri. Bagi drh. Liza Harwinanto kondisi ini adalah tantangan baginya untuk terus berinovasi mengimbangi perkembangan teknologi, salah satunya dengan menggerakkan penjualan online secara lebih massive.

Dengan kesukesan drh. Liza Harwinanto dalam membangun bisnisnya, maka ia dapat membuktikan bahwa masa depan dokter hewan juga memiliki nilai yang sama dengan dokter umum ataupun dokter – dokter lainnya, selagi kita mampu melihat peluang dan gigih untuk mewujudkan impian. Meskipun tertatih tatih, dan penuh perjuangan untuk mempertahankannya.

“Yakinlah, pasti ada pelangi setelah hujan, dan perlahan awan yang tadinya gelap akan menjadi terang” sebuah kalimat indah yang cakap dari drh. Liza Harwinanto, bahasa yang tersirat penuh makna, seperti prosa yang menumbuhkan puisi-puisi yang bertumbuhan esok pagi. Dari kisahnya kita dapat belajar bahwa tidak usah takut untuk mengeluarkan ide dan antusiasmu, karena melalui itu kita dapat menghasilkan prestasi dan impian yang menjadi bahan bakar untuk terus melaju mencapai kesuksesan.

2 thoughts on “Jeli Melihat Peluang dari Hobi dan Profesi

Leave a Reply

Your email address will not be published.