Ketekunan Mengubah Garis Takdir Kehidupan

Ketekunan Mengubah Garis Takdir Kehidupan

Industri perbankan sering dikaitkan sebagai kesan kemakmuran bagi siapa saja yang bekerja dan tergabung di dalamnya. Apalagi jika sebuah lembaga atau instansi terkait itu merupakan papan atas atau sudah mempunyai nama dan berprestasi yang dikenal masyarakat. Perkembangan industri perbankan juga sejalan dengan menggeliatnya industri-industri mikro yang membuat jatung perekonomian masyarakat terus bergejolak.

Membicarakan salah satu lembaga keuangan yang hadir dan membentuk ekosistem pergerakan ekonomi di suatu wilayah, bisa dibilang ‘Koperasi’ merupakan lembaga paling fundamental yang mempengaruhi hal tersebut. Sama halnya seperti ‘KSP Surya Mandiri’ yang dipimpin oleh I Made Hadi Sumarna yang hingga saat ini menjadi gerbong utama yang memajukan perekonomian wilayah dan para anggotanya.

Pertumbuhan KSP Surya Mandiri terbukti mendapatkan animo positif dari masyarakat, dengan jumlah anggotanya yang hingga saat ini mencapai lebih dari 2500 anggota. Bagi I Made Hadi memajukan koperasi haruslah sejalan dengan asas manfaatnya, oleh karena itu koperasi merupakan lembaga yang selalu mengupayakan kesejahteraan para anggotanya.

Baca Juga : Menumbuhkan Semangat Kerjasama Dengan Sistem Kerja Sehat

Berlandaskan hal itu juga ‘KSP Surya Mandiri’ hingga saat ini terus melakukan inovasi terkait program-program yang dijalankan, agar dapat mengena dan dirasakan manfaatnya secara langsung bagi para anggota. KSP Surya Mandiri pun turut aktif dalam berbagai kegiatan sosial untuk banjar dan pendidikan. Dan tak kalah penting adalah, digalakannya program santunan bagi para anggota yang sedang sakit atau terkena musibah. Semua hal itu dilakukan ‘KSP Surya Mandiri’ agar sesuai dengan tujuan awal lembaga kemasyarakatan ini didirikan yaitu ‘kesejahteraan antar anggota’ tanpa pandang bulu.
Maka tak ayal semua upaya yang dilakukan itu berbuah apresiasi dan kepercayaan seluruh lapisan masyarakat. Lewat tangan dingin I Made Hadi, KSP Surya Mandiri terus meraksasa menjadi roda penggerak perekonomian masyarakat dan bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya.

Berbicara tentang kunci suksesnya dalam menjalankan amanah masyarakat sebagai pemimpin koperasi, I Made Hadi meyakini bahwa, bekerja dengan memahami nilai integritas adalah hal yang terus ia lakukan hingga saat ini, sebab dengan sikap integritas seseorang akan bisa membangun ketahanan diri untuk tidak tergoda dengan berbagai desakan yang memikirkan atau mengutamakan kepentingan dan keuntungan sendiri. Hal itu tentu akan menjadi dasar nilai dan prinsip yang membentuk sesorang.

Keberhasilan I Made Hadi Sumarna dalam mengelola suatu lembaga, tentulah tak lepas dari penempaan masa kecil yang membentuk prinsip dan karakternya.

I Made Hadi Sumarna lahir di Sukawati, ia tumbuh dan besar dilingkungan keluarga yang jauh dari kata mewah. Ayahnya berprofesi sebagai pengukir kayu dan ibunya merupakan pedagang bubur Bali. perkonomian keluarganya yang serba pas – pasan menuntunnya sedari kecil untuk turut serta memutar roda perekonomian keluarga dengan membantu ayahnya mengukir kayu sepulang sekolah. Suri tauladan orang tua yang gigih berjuang untuk mencukupi hajat hidup keluarganya itu menjadi kekuatan yang membentuk sikap disiplin dan kemandirian I Made Hadi Sumarna. Alhasil sikap untuk bisa berdikari pun sudah tertanam di pikiran I Made Hadi Sumarna sedari kecil.

Sehingga setelah menamatkan pendidikan SMA, ia pun langsung bekerja mencari peluang untuk mengubah garis takdir hidupnya. Ketekunan yang ia miliki akhirnya membawanya ke arus dunia perbankan dengan terekrut dalam pengelolaan Bank BPR. Alhasil, perjalanan ini pun menjadi titik balik hidupnya, dan juga yang menjadi bekal utama dalam mengorganisir suatu lembaga keuangan.

Baca Juga : Apapun Berlandaskan Kebaikan Pasti Akan Menuai Hasil yang Baik

Dapat bekerja pada zona nyaman tak membuatnya lantas cepat berpuas hati, baginya keinginan untuk terus belajar hal baru merupakan hal yang selalu ingin ia gali. Akhirnya dengan pengalaman tak kurang dari enam tahun bekerja di BPR, I Made Hadi Sumarna pun membuat keputusan bulat untuk melanjutkan langkahnya menekuni dunia koperasi pada tahun 2008.

Seperti kata pepatah ‘Ada Banyak Jalan Menuju Roma’. Banyak juga kesempatan lain yang jangan sampai terlewati, hal itulah yang nyatanya memberikan jalan lain bagi I Made Hadi menuju kesuksesan. Berkat pengalamannya dalam dunia perbankan dan menjalankan kewajibannya dengan tekun, karir I Made Hadi pun di dunia koperasi bersinar terang. Tak lebih dari 2 tahun, terhitung pada tahun 2010 ia pun kemudian di percaya untuk menjalankan amanah sebagai manajer. Hingga pada tahun 2012 kebijakan tentang struktur organisasi pun membuatnya dipercaya untuk menjalankan kewajiban sebagai pemimpin di lembaga koperasi tersebut.

Hingga saat ini pengenalan perkoperasian dan manfaatnya terus ia gencarkan kepada khalayak. Tentunya hal ini akan menstimulasi pemahaman dan minat masyarakat untuk menjadi anggota dengan nilai dan prinsip yang disepakati.

Memetik satu motivasi dari perjalanan I Made Hadi Sumarna yang sukses meniti karirnya. Kita dapat memetik pelajaran bahwa sebuah kesulitan dan ketekunan dapat membentuk kita menjadi pribadi yang tak mudah menyerah, dari sanalah karakter dan keunggulan kita terbentuk. Sukses bukanlah kebetulan, ada kerja keras, doa dan air mata dibaliknya yang menjadi sandaran seorang insan untuk terus menyongsong masa depan. Seperti I Made Hadi Sumarna yang menjadikan ketekunan sebagai energi dalam menaklukan segala hal.

One thought on “Ketekunan Mengubah Garis Takdir Kehidupan

Leave a Reply

Your email address will not be published.