Ketekunan yang Berbuah Kesuksesan

Ketekunan yang Berbuah Kesuksesan

I Nyoman Arya & Mila Candra – CV. Pelangi Nusantara

Sebagai napas pertumbuhan pariwisata di Indonesia, pembangunan di pulau Bali sangatlah pesat. Tidak hanya sarana umum dan perkantoran, pembangunan perumahan yang ada di Bali saat ini juga sangat gencar dilakukan oleh para developer dan investor perumahan. Hal ini tentu menjadi peluang yang sangat bagus untuk membuat suatu usaha yang bergerak sebagai penyedia material bangunan di Bali. Hal ini juga yang di sadari oleh seorang pengusaha asal Denpasar bernama I Nyoman Arya untuk memantapkan langkahnya untuk terjun di industri ini sejak 1990an.

Menjadi seorang pengusaha sukses bukanlah hal yang mudah. Diperlukan kerja keras, ketekunan, serta kegigihan untuk mencapai target yang diinginkan. Siapa sangka I Nyoman Arya yang dahulu hanya bekerja serabutan, kini dapat berhasil membangun usahanya sendiri yang bernama ‘CV. Pelangi Nusantara’ dari nol hingga sukses. Kedua orangtua I Nyoman Arya bekerja sebagai pedagang. Tidak hanya sibuk bekerja, orangtuanya tetap memiliki waktu dalam membentuk karakternya semasa kecil untuk berdagang, yang tentu tidak ia dapatkan selama mengenyam pendidikan formal.

Baca Juga : Bebek Bengil Yang Melegenda

Ibarat pepatah ‘Buah jatuh tidak akan jauh dari pohonnya’, ia pun menekuni dunia dagang yang tidak jauh berbeda dengan orangtuanya yang juga seorang wirausahawan. Perjalanannya di mulai usai lulus dari bangku SMA, Nyoman memutuskan untuk bekerja sebagai pedagang serabutan dibanding melanjutkan kuliah. Saat itu, Nyoman nekat berjualan untuk menabung sembari belajar tahap demi tahap pengembangan bisnis dari pengusaha lain. Baginya tak mengapa untuk bekerja dengan orang lain untuk sementara waktu, namun perencanaan untuk membangun bisnisnya sendiri tetaplah menjadi sebuah tekad yang harus ia capai. Hal itu adalah sebuah perjalanan yang memotivasinya untuk mandiri, agar kelak dapat menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang lain.

“Segala sesuatu tidak bisa diraih dengan gampang, harus dengan perjuangan dan kejujuran yang menjadi pokok utama.” Ucapan Nyoman itu terbukti, karena setelahnya ia mendapatkan banyak relasi yang menggiringya untuk terjun ke bisnis penyedia material bangunan. Ia yakin jika bekerja dengan niat yang baik akan menghadirkan karma yang baik juga. Dari kejujuran itu pula, menurut Nyoman, konsumen akan menaruh kepercayaan penuh dengan apa yang kita jual. Tahapan-tahapan itu yang menjadikan I Nyoman Arya bersama istri Mila Candra kini sukses menjadi seorang pengusaha toko bangunan.

Memang tidak semua orang dapat bertahan pada pilihannya, terkadang seseorang lebih memilih pergi ketika dihadapkan dengan keadaan yang sulit. Mungkin untuk mendapatkan peluang baru dianggap lebih gampang, oleh sebab itu dikalangan pebisnis beberapa orang lebih banyak meninggalkan dari pada mempertahankan bisnisnya ketika sedang mengalami kesurutan. Karena memang, bertahan itu tidak semudah mendapatkan, karena apapun yang terjadi, seorang pebisnis hebat harus tetap dapat mempertahankan kerajaan bisnisnya. “Tekunlah, setekun ombak mengikis karang.” Ucap Nyoman.

Baca Juga : Niat Positif Untuk Masa Depan Progresif

Berbicara tentang kiat-kiat suksesnya, Nyoman menyadari bahwa kualitas pelayanan yang baik akan sangat berpengaruh dalam dunia bisnis. Setiap pelanggan yang datang pastinya akan senang jika mendapat pelayanan yang baik. Dengan kualitas pelayanan yang baik pula akan tercipta pelanggan loyal yang biasanya akan merekomendasikan bisnis kepada orang lain, sehingga akan bertambah lagi para pelanggan-pelanggan baru.

Hidup ini memang penuh perjuangan, sebagai seorang pebisnis I Nyoman Arya tahu bahwa ia tidak bisa berharap segala yang didambakannya bisa diraih dalam sekejap. Namun ketika perjuangan terus diselimuti oleh doa, maka Tuhan akan menunjukkan jalan selangkah demi selangkah. Kekuatan hati pun akan didapat melalui proses jatuh bangun ketika menjalankan bisnisnya, dengan begitu inti kehidupan yang ia jalani akhirnya kini menemukan apa yang benar-benar menjadi passion-nya.

One thought on “Ketekunan yang Berbuah Kesuksesan

Leave a Reply

Your email address will not be published.