Mengabdi Mensejahterakan Desa Melalui Koperasi

Mengabdi Mensejahterakan Desa Melalui Koperasi

Keberadaan koperasi tidak bisa dipungkiri atas peranannya dalam menunjang kebutuhan permodalan dan ekonomi sebuah komunitas desa atau pun wilayah. Lahirnya koperasi tentu harus dilandasi dengan persamaan hak untuk memenuhi kebutuhan – kebutuhan para anggotanya.

Dengan niat untuk membangun perekonomian desa, seorang putra daerah bernama I Nyoman Nadha kemudian menyampaikan gagasannya untuk membentuk sebuah koperasi kepada para perangkat desa. Memang jika sesuatu yang diawali dengan niat baik maka akan mendapatkan hasil yang baik pula. Dengan cara mufakat gagasannya tersebut disetujui dan berbuah antusiasme yang sejalan dengan apa yang krama desa butuhkan.

Baca Juga : Menjalankan LPD Sebagai Gerakan Sosial Ekonomi Masyarakat

Alhasil, lewat tangan dingin I Nyoman Nadha, Koperasi Serba Usaha/KSU bernama ‘Koperasi Sari Agung Ananta Sedana’ dapat berdiri pada tahun 2006. ‘Koperasi Sari Agung Ananta Sedana ‘merupakan koperasi Banjar yang dimiliki Banjar Gede, Desa Adat Akah, Kecamatan Klungkung. Hingga kini dapat terus meraksasa dengan perkembangan yang signifikan dari tahun ke tahun dan sukses menjadi roda penggerak perekonomian krama banjar dan masyarakat wilayah.

Dengan semakin menggeliatnya industri usaha skala kecil dan menengah yang menjalankan bisnisnya secara online saat ini, membuat sosok I Nyoman Nadha sebagai pengawas koperasi harus terus berpacu cepat berinovasi untuk mengimbangi laju Koperasi Sari Agung Ananta Sedana dengan berbagai perkembangan di era serba digital saat ini. Hal itu terus menjadi fokusnya saat ini.

Sesuatu yang kita lakukan pada dasarnya itu semua berawal dari niat, apabila sedari awal sudah dilandasi dengan niat yang baik pasti hasil yang kita dapat nantinya merupakan hasil yang baik pula, begitupun sebaliknya apabila memiliki niat yang buruk maka hasil yang akan didapatkan bakalan menjadi buruk pula. Itu semua tergantung pada pola pikir individu dan karakter yang dimilikinya. Seperti halnya sebuah karma, seputar aksi dan reaksi, maka konkretnya suatu tindakan akan menghasilkan suatu efek tersendiri.

Nyatanya, Koperasi Sari Agung Ananta Sedana dapat semakin tangguh, dan terus bergerak dinamis walau diterpa masa pandemi yang berat di tahun ini. Mulai dari pembenahan dalam pelayanan, hingga program – program yang dapat membantu meringankan masyarakat yang terkena dampak pandemi juga terus diwujudkan agar langkah – langkah yang dijalankan terus mengena dan sesuai dengan tujuan awal koperasi ini dibentuk.

Berbicara tentang kunci suksesnya, I Nyoman Nadha meyakini bahwa sikap bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan loyal dalam pekerjaan adalah faktor utama yang membuka pintu gerbang kesuksesannya. Hal ini memang sangat relavan untuk dijalankan, apalagi saat mejalankan suatu pekerjaan, karena individu yang bertanggung jawab terhadap diri sendiri selalu memenuhi janji dan memegang teguh komitmen.

Serta dengan tanggung jawab jugalah bagi I Nyoman Nadha seorang insan dapat memperhatikan diri sendiri dan individu lain sehingga kedekatan emosional pun dapat terbentuk. Dengan itu amanah yang dipercayakan pun dapat terus dijalankan dengan baik, walapun jatuh bangun dan lika-likunya tetap selalu ada, namun jika hal itu dilandasi dengan tanggung jawab dan komitmen maka seberat apapun tantangan, akan terasa lebih mudah untuk ditaklukkan.

I Nyoman Nadha terlahir dari keluarga petani. Walaupun kehidupan masa kecilnya sangat sederhana dan jauh dari kata mewah, namun ia tidak merasa kekurangan kasih sayang dari orang tua dan lingkaran keluarganya.

Keseharian masa kecil I Nyoman Nadha banyak dihabiskan untuk membantu roda perekonomian keluarganya, dengan membantu orangtuanya bekerja di ladang. Meskipun ada kalanya ia harus curi-curi waktu bermain dengan teman sebayanya, namun karakter pekerja keras I Nyoman Nadha memang sudah terlihat sedari kecil.

Untuk meraih sesuatu yang diimpikan atau cita – citakan hal yang perlu seorang insan lakukan adalah dengan terus berusaha dan berdoa secara maksimal. Kerena di dunia ini tidak ada kesuksesan yang instan, semua harus membutuhkan proses.

Baca Juga : LPD Desa Adat Bualu Menerima Kunjungan Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Kudus, Bertemakan Pengelolaan Keuangan Desa Berbasis Local Wisdom

Sebagai manusia pastinya kita tak pernah lepas dari yang namanya ‘cobaan’ hidup, hal itu terkadang membuat hidup semakin sulit secara fisik dan mental. Layaknya sebuah roda kehidupan yang terus berputar, seseorang sering merasa masalah yang dihadapi begitu berat dan berpikir tak mampu melaluinya. Hal itulah yang ditepis oleh I Nyoman Nadha dalam menghadapi masa pandemi saat ini. Baginya masa-masa ini adalah waktu di mana ia mendapatkan pembelajaran baru untuk terus bisa beresolusi mengarahkan roda kemudi lembaga kemasyarakatan yang dijalankan agar tetap stabil.

Hingga sekarang Koperasi Sari Agung Ananta Sedana terus menggencarkan program – program unggulannya, seperti Sigatra (Simpanan Keluarga Sejahtera) di mana anggota dapat merencanakan tabungan berjangka sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain aktif dalam membantu berbagai kegiatan sosial yang rutin dilaksanakan seperti, bantuan subsidi pengodal atau upacara di Kayangan Tiga desa sehingga anggota tidak menanggung urunan dana untuk upacara, lalu ada subsidi atau santunan kematian untuk keluarga anggota koperasi sebesar 1. 500.000 rupiah dan batuan sembako untuk lansia dalam rangka RAT tahun buku 2021. Dalam situasi pandemi covid-19 Koperasi Sari Agung Ananta Sedana, masih ada peningkatan realisasi kredit dari pihak ke 3 serta peningkatan nilai aset walaupun ada koreksi dalam SHU Koperasi. Kemudian di tahun 2022 telah ada beberapa unit usaha dibawah naungan Koperasi Sari Agung Ananta Sedana yakni, 1 unit pertokoan, 2 unit usaha simpan pinjam, 3 unit usaha pertashop, 4 unit usaha konstruksi.

Tercatat laporan keuangan per tanggal 31 desember 2021, total aktiva dan pasiva Koperasi Sari Agung Ananta Sedana di tahun 2020 sebesar 14.252.165.849 dan di tahun 2021 sebesar 14.686.469.735.

Dalam menjalankan fungsi lembaganya, I Nyoman Nadha selalu bertumpu pada asas kekeluargaan, yang juga merupakan salah satu sifat, jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia yang sudah melekat. Maka sesuai dengan kepribadian bangsa tersebut juga Koperasi Sari Agung Ananta Sedana mempunyai cerminan untuk saling bantu membantu dalam etos kegotongroyongan, sejalan dengan semboyan ‘Bhineka Tunggal Ika’.

7 thoughts on “Mengabdi Mensejahterakan Desa Melalui Koperasi

  1. hello there and thank you to your info ?I have definitely picked up something new from right here. I did then again expertise a few technical issues using this site, since I skilled to reload the web site lots of occasions previous to I may get it to load properly. I had been thinking about if your web hosting is OK? No longer that I am complaining, however sluggish loading instances occasions will often impact your placement in google and could harm your high-quality score if advertising and ***********|advertising|advertising|advertising and *********** with Adwords. Anyway I am adding this RSS to my email and could look out for a lot more of your respective fascinating content. Ensure that you update this once more very soon..

  2. Hi there! I know this is kind of off topic but I was wondering if you knew where I could locate a captcha plugin for my comment form? I’m using the same blog platform as yours and I’m having problems finding one? Thanks a lot!

  3. Pretty section of content. I just stumbled upon your website and in accession capital to assert that I acquire actually enjoyed account your blog posts. Anyway I抣l be subscribing to your feeds and even I achievement you access consistently quickly.

  4. I am glad for commenting to let you be aware of of the really good encounter my child encountered browsing your webblog. She came to find a lot of pieces, which included what it’s like to have an ideal teaching nature to have a number of people without difficulty fully understand chosen multifaceted things. You really did more than our own expected results. I appreciate you for presenting these essential, trusted, informative as well as cool tips about the topic to Kate.

Leave a Reply

Your email address will not be published.