Meregenerasi Kepemimpinan LPD Kwanji Maju dan Berkembang Dengan Teknologi

Meregenerasi Kepemimpinan LPD Kwanji Maju dan Berkembang Dengan Teknologi

Kwanji merupakan salah satu nama banjar, di desa Sempidi, Kabupaten Badung yang menyediakan layanan LPD bagi krama-nya. Dipimpin oleh I Wayan Sukarma, sebagai krama asli Kwanji, yang dipercaya untuk mengelola LPD Kwanji menjadi lembaga keuangan krama yang tetap dipercaya mampu mensejahterahkan krama, apapun tantangan di masa-masa selanjutnya.

LPD Kwanji yang berlokasi di Banjar Kwanji, Sempidi, Badung, Denpasar, hampir memiliki cerita yang sama dalam mencari pimpinan yang mulai mengoperasikan LPD pada 3 Februari 1993 ini. Akhirnya, Wayan Sukarma pun turun tangan, menerima posisi dipercayakan padanya, meski masa awal memimpin LPD bukanlah pekerjaan mudah.

Tahun 1992, Wayan Sukarma baru saja menamatkan STM, ia sduah ditunjuk oleh prajuru banjar untuk mengabdi di desa mengelola LPD. Karena saat itu belum bekerja dan ingin berhenti bergantung dari pembiayaan orangtua, ia kemudian menerima tawaran tersebut, tanpa memikirkan bagaimana konsep pekerjaan yang akan dilakoninya.

Baca Juga : One Stop Treatment Spa dan Free Konsultasi Oleh Tenaga Ahli Kesehatan Bersertifikasi

Pria kelahira Badung, 25 Juni 1972 ini, tak lantas saat itu menempati sebagai pimpinan LPD Kwanji yang membawahi tiga banjar adat, ia sebagai sekretaris diperbantu oleh penglingsir sekaligus kelian banjar. Seiring usia beliau yang sudah tak muda lagi, di tahun 2005, Wayan Sukarma kemudian dianggap mampu menggantikan posisi tersebut dan telah meregenerasi ilmu dari pimpinan LPD Kwanji sebelumnya.

Sampai di tahun ke-17 memimpin, Wayan Sukarma masih tidak menyangka akan mampu menjalani kewajiban pada posisi sebagai pemimpin. Mengingat dulu ia adalah lulusan Jurusan Pembangunan, SMKN 1 Denpasar, yang tidak ada kaitannya dengan ilmu ekonomi. Beruntung pemerintah memberikan pembekalan berupa pelatihan untuk desa adat seluruh Bali dalam pengelolaan LPD selama satu bulan di sebuah hotel di Denpasar. Setidaknya secara basic ia mengetahui bagaimana teknis perbankan beroperasi.

Sebelum adanya LPD Kwanji, desa adat sudah memiliki sebuah lembaga simpan pinjam untuk krama namun bersifat tidak resmi. Akhirnya setelah didirikan LPD, data pembukuan dari lembaga tersebut dilimpahkan kemudian ke LPD Kwanji. Pendekatan dan sosialisasi pun ditanamkan kepada masyarakat mengenai pembaharuan ini, melalui forum-forum di masing-masing banjar dan dilakukan sesering mungkin, agar masyarakat semakin yakin bahwa LPD didirikan adalah milik dan untuk kepentingan krama desa.

Baca Juga : Mengabdi Mensejahterakan Desa Melalui Koperasi

Sarana prasarana gedung operasional dari LPD Kwanji awalnya masih belum milik pribadi karena keterbatasan lahan, Wayan Sukarma memberanikan diri membuat pengajuan tertuju pada pemerintah kabupaten Badung pada tahun 1996 untuk membeli lahan yang ditempatkan saat itu menjadi hak milik LPD Kwanji seluas 7,5 are. Pembangunan pun dilakukan secara bertahap hingga terwujud bangunan LPD yang lebih modern, kemudian diikuti dengan sistem digitalisasi, meliputi mobile banking agar semakin efisien dan aman untuk dilakukan transaksi.

Sebagai anak terakhir akan bersekolah, orangtua Nyoman Sukarma semakin tua dan tidak mampu maksimal bekerja untuk membiayai sekolah. Orangtua yang sebelumnya merupakan petani nyambi sebagai buruh bangunan, kemudian menyerahkan biaya sekolah Nyoman Sukarma sejak tamat SMP, ditanggung oleh dirinya sendiri. Jadilah ia hanya tamat SMP saja membiayai pendidikan dari beternak bebek dan sapi. Hingga ia bisa melanjutkan ke jenjang sarjana manajemen akuntansi dan tamat tahun 2007.

Di sepanjang perjalanan karirnya, Wayan Sukarma berharap dapat menjalankan posisinya sesuai dengan standar operasional yang sudah ada dan menjaga sebagai lembaga keuangan satu – satunya di desa adat, demi kesejahteraan ekonomi krama itu sendiri. Semoga pesan ini juga mampu dijalankan oleh generasi selanjutnya, untuk memegang tahta LPD Kwanji di masa depan, yang lebih berkembang dan maju mengikuti perkembangan teknologi di zaman mereka memimpin nantinya.

One thought on “Meregenerasi Kepemimpinan LPD Kwanji Maju dan Berkembang Dengan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published.