Sikap Optimis dan Ketekunan yang Berbuah Manis

Sikap Optimis dan Ketekunan yang Berbuah Manis

Setiap insan pasti mempunyai tujuan dan pengharapan hidup. Tujuan hidup itu dapat dilihat dari kesuksesan yang telah dicapai selama menjalankan prosesnya. Kesuksesan tersebut tidak hanya dilihat dari nilai finasial yang diperoleh, namun juga dapat dilihat dari keberhasilan seseorang dalam mengontrol diri, berguna atau bermanfaat bagi orang lain.

Sama halnya dengan sosok pimpinan Lembaga Perkreditan Desa Adat Teruna bernama I Wayan Madra yang melaksanakan darmanya sebagai perwakilan desa untuk membangun sebuah lembaga kemasyarakatan yang pada awalnya memang bertujuan untuk mendongkrak perekonomian serta kemajuan desa. Dengan amanah itu ia pun memantapkan langkahnya untuk turut serta terjun langsung mengikuti berbagai macam tes dan proses penataran kinerja untuk menjalankan sebuah lembaga kemasyarakatan ini. Alhasil berbagai proses itu pun dapat ditempuhnya dengan hasil yang gemilang, sehingga Ia pun terpilih menjadi bagian dalam tumbuh kembangnya LPD Desa Adat Teruna.

Baca Juga : One Stop Treatment Spa dan Free Konsultasi Oleh Tenaga Ahli Kesehatan Bersertifikasi

I Wayan Madra bisa dibilang adalah ‘The right man in the right place’ dalam proses awal menjalankan LPD Teruna. Basic ilmu akuntansi yang dimilikinya nyatanya sangat bermanfaat dalam produktifitas kinerja internal yang pada saat itu semuanya masih dikerjakan secara konvensional. Perlahan namun pasti dengan berbagai program dan penyuluhan yang baik, animo masyarakat terhadap LPD Teruna pun terus meningkat sejalan dengan pembenahan serta peningkatan kualitas layanan nasabah. Tak ayal lewat tangan dingin I Wayan Madra kredibilitas LPD Teruna sudah tidak diragukan lagi.

Saat ini, dunia industri global sedang memasuki era baru yang dikenal sebagai revolusi digital, hal ini menyangkut akan fokus terhadap interkonektivitas, otomatisasi, dan juga real time data. Secara umum, Indonesia sudah secara aktif menapaki era baru yang ditandai dengan bergeraknya berbagai sektor kehidupan ke arah digital yang serba otomatis dengan informasi dan data yang dapat dengan cepat di akses dalam genggaman.

Sejalan dengan pertumbuhan industri global, maka I Wayan Madra dan LPD Teruna pun segera bermanuver dan mengimbangi operasional pelayanannya dengan melakukan pembenahan sistem yang terdigitalisasi. Sehingga dalam hal ini pekerjaan internal pun dapat terbantu dan menjadi ringan, prioritas kenyamanan dan keamanan nasabah pun terwujud dengan adanya program mobile yang memungkinkan setiap nasabah untuk memantau, juga melakukan semua transaksinya dengan melalui telepon pintar.
Bagi I Wayan Madra perkembangan ini tentu saja menjadi angin segar bagi industri keuangan, karena lewat data algoritma yang dirancang dengan teknoloi AI (Artificial Intelligence) pihak lembaga keuangan juga bisa membantu memprediksi produk mana yang memiliki prospek bagus di masa depan, serta program – program mana yang mengena untuk membantu masyarakat mengatur keuangan berdasarkan variabel dan keadaan saat ini.

Membicarakan tumbuh kembangnya LPD Desa Adat Teruna tak lengkap rasanya jika tidak membahas latar belakang kehidupan masa kecil sosok I Wayan Madra yang menjadi dasar penempaan karakter kepemimpinan yang dimilikinya.

I Wayan Madra merupakan putra daerah yang lahir ditengah keluarga yang sangat sederhana, ayahnya merupakah seorang wirausaha dan ibunya berprofesi sebagai pedagang. Keadaan ekonomi keluarganya yang serba pas – pasan menuntun I Wayan Madra sedari kecil untuk dapat hidup mandiri.

Baca Juga : Mengabdi Mensejahterakan Desa Melalui Koperasi

Kepiawan I Wayan Madra dalam menangkap peluang sudah terlihat sejak ia masih duduk di bangku SD, ia mempunyai prinsip untuk selalu belajar dimanapun dan kapanpun untuk mengasah skill lain yang tak ia dapatkan dari pendidikan formal, bisa dibilang lingkaran sosial dan pertemanan lah yang mengajarkannya banyak hal, sehingga di usianya yang masih sangat muda ia pun sudah dapat mencari penghasilan sendiri dengan membuka jasa audio service yang lambat laun mengalir dan dapat ia kembangkan sembari menamatkan sekolahnya.

Lembar kehidupan masa kecil inilah yang mungkin tanpa sadar membentuk karakter I Wayan Madra tumbuh menjadi sosok yang ulet dan berjiwa berdikari, sehingga menguatkan mentalnya untuk terus berpikir positif, karena baginya menjalani hidup akan lebih terasa mudah jika kita sudah pernah merasakan hidup susah. Ia pun percaya jika Tuhan cepat atau lambat akan menjawab doa – doanya dan akan memberikan lebih dari apa yang telah dimintanya, maka dari itu ia terus meyakinkan dirinya sendiri untuk tidak menyerah dalam mencapai semua tujuan dan cita-cita.

Karir I Wayan Madra menjalankan LPD Teruna kini sudah cukup panjang. Amanah yang dimilikinya selalu ia jalankan dengan tekun, karena memiliki dampak langsung kepada masyarakat. Pengalaman demi pengalaman pun menjadikan LPD Teruna hadir di tengah-tengah masyarakat sebagai garda depan untuk membantu perekonomian serta pertumbuhan desa.

Ditanya tentang arti kesuksesan, I Wayan Madra pun menjawab jika kesuksesan itu harus seimbang antara dunia dan akhirat. Karena segala kerja keras dan hasil yang diraihnya saat ini tidak lain adalah berkat campur tangan Tuhan yang menjawab setiap doanya. Dengan ini, perjalanan hidup Wayan mengajari kita tentang arti ketekunan dan pantang menyerah dalam menghadapi segala cobaan yang menjadi penghalang. Ia pun berharap para generasi milenial saat ini selalu siap menghadapi beragam tantangan dan harus sesegera mungkin mengambil tindakan yang memang sifatnya untuk melatih diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.