Menjadikan LPD Desa Adat Subamia yang Mempunyai Daya Saing

Menjadikan LPD Desa Adat Subamia yang Mempunyai Daya Saing

Ekonomi wilayah sebagian besar ditunjang oleh kokohnya ekonomi pedesaan. Untuk mendorong laju pembangunan daerah dan pedesaan, maka diperlukan adanya lembaga-lembaga perkreditan yang khusus menunjang pembangunan dengan memobilisasi dana yang ada di pedesaan dan menyalurkan pinjaman untuk mememenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat dan infrastruktur desa.

Seringkali suatu desa memiliki potensi sumber daya alam yang kaya, namun kesejahteraan masyarakat dan ekonomi wilayahnya rendah, karena keterbatasan sarana dan prasarana pendukung produksi dan lemahnya permodalan di tingkat petani.

Berlandaskan hal itu, LPD Desa Adat Subamia hadir ditengah masyarakat untuk mengentaskan keterbatasan sarana / prasarana dan menjadi sebuah lembaga sosial yang mampu menjadi penggerak menggeliatnya perekonomian desa.

Baca Juga : Pertahankan BPR Parasari yang Sehat Secara Finansial, Struktural dan Fungsional

Ditengah arus globalisasi dan era teknologi yang serba cepat, membuat setiap lini pembangunan juga industri turut bertumbuh dengan cepat, hal itu juga harus dihadapi dengan kesiapan sumber daya yang ada.

LPD Desa Adat Subamia yang dimotori oleh sosok putra daerah bernama Ida Bagus Kade Surya Putra tampak semakin sigap menanggapi cepatnya laju perubahan iklim industri dan globalisasi teknologi saat ini. Desa Subamia yang mayoritas masyarakatnya berprofesi sebagai petani, memang sangat lekat dengan pengembangan potensi alam dan kebudayaannya yang kuat. Semua perkembangan itu, tentunya juga tak luput dari peran penting LPD dalam mendinamiskan berbagai programnya dengan kebutuhan masyarakat.

Terhitung pada tahun 2010, Ida Bagus Kade Surya Putra pun diamanahkan oleh krama desa untuk memimpin dan merintis kembali Lembaga Perkreditan Desa yang sempat mengalami kemerosotan serius. Dengan niat tulus untuk memajukan desa tanah kelahirannya, Ida Bagus Kade Surya Putra yang dahulu sempat menjabat sebagai ‘Perbekel Desa’ kemudian menerima amanah tersebut dan menjalankan kembali fungsi Lembaga Perkreditan Desa Subamia yang pada saat itu dalam kondisi kritis.

Namun lewat tangan dingin dan pengalamannya sebagai Perbekel, LPD Desa Adat Subamia yang dahulu sempat redup kini dapat kembali bangkit sejalan dengan perkembangan yang tercermin dari peningkatan volume usaha dan penghimpunan serta penyularan dana masyarakat.

Alhasil, perkembangan demi perkembangan tersebut selain meningkatkan perekonomian daerah juga meningkatkan animo dan kepercayaan masyarakat.

Ida Bagus Kade Surya Putra meyakini bahwa sinergitas antara masyarakat dan lembaga desa yang dapat melebur dengan kesadaran dan perannya masing-masing merupakan nilai penting yang paling esensial dalam mewujudkan program-program yang digalakan.

Sehingga dengan karakter itu, sikap swadaya masyarakat dapat terbentuk secara organik dan memiliki condong untuk maju bersama membangun setiap lini industri, pariwisata, juga SDM yang ada. Dengan itu Desa Subamia siap dan sigap dalam menyikapi arus globalisasi yang semakin deras. Langkah – langkah itu juga yang pada akhirnya dapat menumbuhkan ekonomi desa, sejalan dengan menggeliatnya usaha – usaha mikro yang berkekuatan menimbulkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Dengan pengalamannya menghadapi krisis dan jatuh bangunnya lembaga kemasyarakatan ini, maka Ida Bagus Kade Surya Putra pun langsung bermanuver melakukan berbagai perombakan yang berfokus pada sistem kinerja untuk mengimbangi era milenial yang serba digital, dengan itu kinerja pun dapat semakin baik dan mempermudah pemantauannya.

Baca Juga : Tidak Hanya Mencari Keuntungan Semata Tapi Juga Mengedukasi dan Pembinaan Finansial

Karir Ida Bagus Kade Surya Putra dalam menjalankan amanahnya sebagai pemucuk atau pimpinan LPD sudah cukup panjang, terhitung sudah lebih dari 1 dekade lamanya. Ditangannya LPD Desa Adat Subamia yang dahulu sempat terpuruk, kini dapat kembali bangkit berkat peran serta dukungan seluruh krama, Jero Bendesa Adat dan Badan Pengawas dalam membangkitkan LPD Desa Adat Subamia. Pengalaman demi pengalaman itu juga yang pada akhirnya membentuk kredibilitas Ida Bagus Kade Surya Putra dalam menjalankan amanahnya, sehingga LPD Desa Adat Subamia dapat menjadi lembaga sosial garda depan yang membantu mengembangkan dan memutar roda perekonomian desa.

Ida Bagus Kade Surya Putra merupakan putra daerah Desa Adat Subamia, ia adalah anak bungsu dari enam bersaudara. Terlahir dari keluarga yang amat sederhana, orangtuanya berprofesi sebagai petani dan pebisnis hewan ternak. Meskipun keadaan ekonomi keluarganya jauh dari kata mewah, namun suri tauladan orang tua yang terus berpegang pada nilai – nilai pendidikan, membentuknya menjadi anak yang disiplin dan berintegritas tinggi.

Maka sebagai anak yang ingin melaksanakan darmanya, ia tak segan untuk mandiri dan membantu roda perekonomian keluarga. Keseharian masa kecil Ida Bagus Kade Surya Putra pun tak lepas dari aktivitas berladang dan mengurus hewan ternak. Mungkin lembar kehidupan masa kecil inilah yang tanpa sadar membentuk karakter gigih, cakap dan berjiwa sosial yang tinggi dari sosok Ida Bagus Kade Surya Putra.

Kontribusi nyata sudah diwujudkan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. LPD Desa Adat Subamia pun terus bertumbuh dinamis meski dihadapkan dengan lika – liku perjalannnya. Ida Bagus Kade Surya Putra hingga kini terus memfokuskan arah kebijakannya dalam memfasilitasi sektor industri masyarakat, harapannya agar dapat meningkatkan produktivitas masyarakat, sehingga memiliki daya saing secara lokal maupun nasional.

3 thoughts on “Menjadikan LPD Desa Adat Subamia yang Mempunyai Daya Saing

  1. I was extremely pleased to discover this page. I want to to thank you for ones time due to this wonderful read!! I definitely appreciated every part of it and I have you bookmarked to look at new information on your web site.

  2. Right here is the perfect webpage for everyone who would like to understand this topic. You understand a whole lot its almost tough to argue with you (not that I really will need toÖHaHa). You certainly put a fresh spin on a subject that has been discussed for a long time. Wonderful stuff, just excellent!

Leave a Reply

Your email address will not be published.