Semangat Bergelora Untuk Maju Bersama

Semangat Bergelora Untuk Maju Bersama

Koperasi di Indonesia memang digadang – gadang sebagai lembaga yang dapat memberikan dampak positif dalam perkembangan industri dan ekonomi daerah. Berbeda dengan badan usaha lain yang didirikan dengan prinsip mencari keuntungan sebesar-besarnya, koperasi harus menjalankan usahanya sesuai dengan nilai dan prinsip yang dianut, seperti kekeluargaan, demokrasi, dan persamaan. Selain itu, dalam koperasi siapapun dapat bergabung menjadi anggota, karena pada prinsipnya keanggotaan koperasi bersifat sukarela dan terbuka.

Sama halnya dengan ‘Koperasi Simpan Pinjam Danu Jaya’ yang dibina oleh sosok putra daerah Penebel bernama I Made Wirabudi. Dimulai pada tahun 2004 dengan semangat kebersamaan, Koperasi Danu Jaya terbukti menjadi unifikasi menggeliatnya perekonomian daerah dengan menjalin kerjasama yang menghilir ke arah persatuan yang menguntungkan semua anggotanya. Dengan sumber daya manusia yang berkualitas, ditambah dengan pelayanan yang baik dan regulatif, menjadikan animo masyarakat untuk turut serta berkoperasi semakin tinggi, terhitung hingga saat ini Koperasi Danu jaya memiliki lebih dari 1500 anggota yang aktif.

Baca Juga : Berbagi Harapan Untuk Masa Depan

Lewat tangan dingin I Made Wirabudi, Koprasi Danu Jaya kini tidak hanya aktif untuk pengelolaan simpan pinjam saja, namun juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial untuk masyarakat sekitar. Salah satu hal yang telah terwujud adalah, adanya program beasiswa bagi para siswa – siswi berprestasi. Harapannya program-program yang dijalankan juga dapat menambah interelasi semua lapisan masyarakat sehingga dapat menjadi lembaga yang substansial dan mengena untuk kebutuhan masyarakat itu sendiri.

Ditanya kunci suksesnya dalam membangun lembaga kemasyarakatan ini, pemuda lulusan Universitas Udayana ini mengatakan bahwa pondasi dasar dalam membangun koperasi adalah kejujuran. Kejujuran memang terdengar sangat ringan, namun jika ditelaah lebih lanjut, dalam hal ini kejujuran bagi I Made Wirabudi adalah sikap lurus hati, tidak curang atau melakukan hal – hal yang menyalahi fakta. Sebagai seorang insan, I Made Wirabudi juga meyakini bahwa nilai-nilai kejujuran menjadi esensi kuat seorang individu untuk mencapai keberhasilan dalam segala hal, selain kerja keras, usaha dan nasib baik.

Sesuatu yang kita lakukan pada dasarnya itu semua berawal dari niat, apabila sedari awal sudah dilandasi dengan niat yang baik pasti hasil yang kita dapat nantinya merupakan hasil yang baik pula, begitupun sebaliknya apabila memiliki niat yang buruk maka hasil yang akan didapatkan bakalan menjadi buruk pula. Itu semua tergantung pada pola pikir individu dan karakter yang dimilikinya. Seperti halnya sebuah karma, seputar aksi dan reaksi, maka konkretnya suatu tindakan akan menghasilkan suatu efek tersendiri.

Untuk meraih sesuatu yang kita impikan atau cita – citakan hal yang perlu kita lakukan adalah dengan terus berusaha dan berdoa secara maksimal. Kerena di dunia ini tidak ada kesuksesan yang instan, semua harus membutuhkan proses. Sebagai manusia pastinya kita tak pernah lepas dari yang namanya ‘cobaan’ hidup, hal itu terkadang membuat hidup semakin sulit secara fisik dan mental. Layaknya sebuah roda kehidupan yang terus berputar, maka seseorang pun harus mampu mengarahkan lajunya agar tidak terjatuh.

Sukses dengan karir dan koperasi yang dijalankan, maka tak lengkap rasanya jika tidak membahas penempaan masa kecil seorang I Made Wirabudi ‘The Right Man In The Right Place’ tumbuh kembangnya Koperasi Danu Jaya.

I Made Wirabudi, merupakan seorang putra daerah asli Penebel. Terlahir dari keluarga yang sangat sederhana, orang tuanya merupakan seorang tenaga pengajar. Tumbuh dari keluarga yang menggeluti dunia pendidikan, maka sedari kecil ia sudah dididik untuk fokus dalam menjalankan tugasnya sebagai pelajar. Meski dalam segi finansial semuanya terbilang serba pas-pasan, suri tauladan kedua orang tuanya yang terus gigih berjuang dan tak pernah letih mendorongnya untuk mendapatkan pendidikan yang baik, nyatanya menjadi energi postif yang membentuk mental disiplin dan jiwa berdikarinya terbentuk. Sosok ibu yang juga aktif dalam dunia koperasi, juga turut mendekatkan dan membentuk proses berpikir kreatif I Made Wirabudi, yang tanpa sadar menjadi bekal paling fundamental titik balik hidupnya kini.

Baca Juga : Wanita Independen Sukses Sebagai Pengusaha Sekaligus Tulang Punggung Keluarga

Dengan segala yang diraihnya sekarang, tentu I Made Wirabudi tidak akan melupakan sosok kedua orang tua yang berjasa dan selalu memberikannya dukungan. Menjadikan setiap doa yang di panjatkannya selalu terselip nama-nama orang terkasihnya. Keluarga baginya adalah sebuah inang pohon besar yang selalu melindunginya dalam terpaan badai kehidupan.

Baginya tidak ada yang mustahil, kesempatan akan selalu datang pada orang – orang yang mau berkarya dengan kemampuan yang dimilikinya. Hal itu tentu menurutnya tidak lepas dari campur tangan Tuhan dan semesta yang menentukan segalanya. Kerja keras selalu menjadi latar belakang dibalik orang yang berhasil mencapai kesuksesan di usia muda, dalam menjalankan amanah yang dipercayakan kepadanya, I Made Wirabudi mengaku hal terpenting adalah menjaga, mempertahankan nilai, dan menjunjung tinggi semangat untuk maju bersama.

Pengembangan demi pengembangan telah ia lakukan, hingga sekarang Koperasi Danu Jaya tetap mampu bersaing di derasnya persaingan era digital saat ini. I Made Wirabudi sadar, untuk mengejar semua laju globalisasi teknologi itu, ia pun harus mempunyai progres yang dinamis untuk menciptakan suatu konsep yang berbeda setiap waktunya, hal itu ia selaraskan dengan keadaan dan isu – isu yang ada disekitarnya.

2 thoughts on “Semangat Bergelora Untuk Maju Bersama

Leave a Reply

Your email address will not be published.