Tentukan Tujuan dan Ambil Tindakan Untuk Kesuksesan

Tentukan Tujuan dan Ambil Tindakan Untuk Kesuksesan

Setiap orang tentu mempunyai jawabannya masing – masing dalam mencari kebahagiaan dan ketenangan. Dari dapat melayani sesama, dan lain sebagainya. Setiap orang memiliki nilai, ukuran, dan standar sendiri akan apa yang menjadi tujuan hidupnya.

Sama halnya seperti seorang pemuda bernama I Kadek Rudy Suciptha yang mendedikasikan dirinya untuk dapat memenuhi layanan kesehatan masyarakat dengan mendirikan sebuah bisnis apotek yang menjadi pilihan sentral masyarakat Bali bernama ‘Apotek BWF’ yang hingga sekarang terus bergerak dinamis dan menggurita dengan berbagai cabang yang tersebar di titik pusat kota Bali.

Berbicara tentang peluang pastinya tidak jauh dari tindakan percobaan. Dalam mengambil peluang, ada percobaan yang mesti dilakukan untuk membuktikan apakah kemungkinan keberhasilan yang diharapkan akan terjadi atau tidak. Berbicara tentang peluang, kita dihadapkan dengan dua pilihan, antara mengambil peluang tersebut atau menolaknya. Tentunya tidak semua peluang harus diambil, tergantung dari tujuan yang ingin diraih. Namun, membuka diri terhadap peluang adalah salah satu sikap I Kadek Rudy Suciptha dalam membangun bisnisnya.

Baca Juga : Berkomitmen Membangun LPD Canggu Menjadi Lembaga Desa yang Sehat

Pemuda yang berlatar belakang sebagai seorang apoteker ini tak lantas memilih untuk bekerja dengan orang lain, baginya berwirausaha dan menjadi seorang entrepreneur adalah sebuah pilihan hidupnya untuk dapat berkontribusi dan membuka peluang pekerjaan yang dapat berguna bagi orang lain. Jiwa entrepreneur memiliki daya lentur yang baik. Ia ibarat bola, yang apabila dijatuhkan ke lantai yang keras, ia akan melambung tinggi. Seperti itulah kira – kira pencapaian yang diimpikan I Kadek Rudy Suciptha dalam meniti bisnisnya.

Sebuah usaha yang potensial adalah yang memiliki nilai jual, bukan sekedar ambisi atau “keren- kerenan”. Banyak pengusaha yang terjebak dengan bisnis musiman, sehingga tidak bertahan lama dan tidak berkelanjutan. Maka dengan ilmu dan pengalaman yang dimilikinya ia pun memiliki pilihan pasti dan tahu betul bahwa kebutuhan masyarakat untuk merasakan sehat adalah hal yang fundamental, sehingga usaha seperti layanan kesehatan dan apotek pun dipilihnya karena memiliki sifat yang long term terus menerus dibutuhkan masyarakat.

Ada sederet kunci yang memang harus seorang pengusaha lakukan demi mendapatkan kesuksesan di masa depan, salah satunya dengan belajar dari lingkaran sosial terdekat. Tapi rasa malu untuk bertanya dan belajar bisa jadi akan membunuh kesuksesan seseorang di masa depan. Rasa malu untuk belajar inilah yang di tepis I Kadek Rudy Suciptha untuk terus mengasah dan meng-upgrade kemampuannya dalam mengelola sebuah bisnis.

Hingga sekarang ‘Apotek BWF’ pun ditangannya dapat terus bergerak dinamis mengimbangi laju pertumbuhan teknologi, dengan mengembangkan inovasi sistem penjualan dan informasi online agar dapat terus memberikan layananan makasimal kepada masyarakat. Karena persaingan bukanlah hal yang baru dalam dunia bisnis.

Oleh sebab itu, ia harus terus menyiapkan strategi bisnis sebaik mungkin. Terlebih dalam hal pelayanan kepada para customer-nya. Sebagai seorang apoteker ia pun tak pernah sungkan untuk terjun langsung mendengerkan keluhan-keluhan para customer, sehingga dengan itu ia pun kemudian dapat menyarankan produk pilihan tepat dan terbaik bagi para customer-nya. Hal itulah yang pada kenyataannya berdampak besar pada kemajuan bisnis yang dijalankannya, karena dengan itu kenyamanan dan kedekatan emosional dengan para customer-nya dapat terjalin, sehingga dapat memiliki customer jangka panjang. Hal – hal kecil yang menurutnya sangat berpengaruh adalah tidak lupa untuk selalu melakukan promosi secara terus menerus, baik secara lisan maupun online.

Baca Juga : Sulap Pasar Tradisional Lebih Efisien, Nyaman dan Aman Untuk Masyarakat

Tak ayal dengan semua pengalaman dan kredibilitasnya dalam bidang farmasi, ditangannya ‘Apotek BWF’ saat ini sukses menjadi pilihan sentral masyarakat Bali untuk mendapatkan layanan kesehatan yang diinginkan dengan lengkap dan nyaman.

Meski kini usaha yang dirintisnya telah sukses dan memperlihatkan hasil yang dinamis, I Kadek Rudy Suciptha tak lantas berhenti belajar tentang ilmu dan bisnis yang dijalankannnya. Ia merasa apa yang dicapainya saat ini adalah berkat doa dan harapan yang menjadi kekuatannya untuk terus bertahan dan berjuang, ia yakin akan dahsyatnya kekuatan sebuah doa. Banyak kesusahan diangkat, penyakit disembuhkan, kesuksesan diraih, dan berbagai prahara kehidupan dapat diselesaikan dengan doa dan pertolongan Tuhan.

Ada beberapa pelaku usaha yang ketika sedang di coba dengan berbagai masalah dalam menjalankan usaha mereka langsung down, bahkan menjadi trauma untuk melanjutkan usaha. Banyak diantara mereka yang memilih berhenti atau beralih ke usaha lain. Karena memang bagi meraka untuk membangkitkan semangat menjalankan usaha tidak mudah. Nyatanya, perasaan bahagia karena dapat mengurgensikan layanan kesehatan pada masyarakat inilah yang menjadi titik tumpu sosok I Kadek Rudy Suciptha mampu bertahan dengan segala lika – liku perjalanan bisnisnya. Karena sebagai seorang insan ia meyakini bahwa sesuatu yang dilandasi dengan niat baik akan mendapatkan karma yang baik pula.

One thought on “Tentukan Tujuan dan Ambil Tindakan Untuk Kesuksesan

Leave a Reply

Your email address will not be published.