Tumbuh Sebagai Insan yang Berkarakter Kuat dan Sukses Membangun Bisnis Dari Nol

Tumbuh Sebagai Insan yang Berkarakter Kuat dan Sukses Membangun Bisnis Dari Nol

Toko grosir adalah satu bentuk usaha yang bisa mendulang banyak keuntungan. Usaha yang masih tergolong usaha rumahan ini nyatanya dapat terus bergerak dinamis menyongsong masa depan di era bisnis serba online saat ini, karena barang – barang yang diperjualbelikan adalah barang yang selalu dibutuhkan masyarakat sehari – hari.

Menjadi seorang pengusaha sukses bukanlah hal yang mudah. Diperlukan kerja keras, ketekunan, serta kegigihan untuk mencapai target yang diinginkan. Siapa sangka I Made Anatayana yang dahulu hanya seorang pekerja serabutan, kini dapat berhasil membangun bisnis toko grosir bernama ‘Toko Dwi Artha Jaya’ dari nol hingga kini sukses meraksasa.

Terlahir dari keluarga petani sekaligus pedagang, kehidupan masa kecil I Made Anatayana pun jauh dari kata mewah. Selama masih duduk di bangku sekolah, I Made Anatayana telah terbiasa untuk turut bekerja membantu perekonomian keluarganya. Apapun ia lakukan, dari pekerjaan serabutan, berdagang hingga menjadi buruh bangunan. Aktivitas pekerjaan berat itu harus di emban, karena ia sadar akan keadaan ekonomi keluarganya yang serba kekurangan. Meskipun keadaan ekonomi menuntutnya untuk menjadi seorang pekerja keras, sedari kecil I Made Anatayana justru sangat antusias dan tekun menjalani berbagai pekerjaan tersebut, baginya untuk bisa turut membantu meringankan beban orang tua saja sudah cukup membuatnya bahagia.

Baca Juga : Sukses Membuka Jendela Potensi Bisnis di Kancah Nasional

Hal itu sudah tertanam sejak masih kecil, sehingga setelah dewasa pahit getir pekerjaan yang pernah di lakoninya itu nyatanya membuat I Made Anatayana tumbuh dengan memiliki semangat tinggi dan tidak mudah berpangku tangan. Kegigihan dan jiwa berdikari ia sematkan sebagai pedoman hidup agar tidak mudah menyerah untuk merubah garis takdir hidupnya dengan tidak mengandalkan orang lain. Walaupun pada saat itu ia hanya seorang sales pengantar barang, tidak membuat I Made Anatayana longgar dalam melihat peluang.

Awalnya, peluang untuk berbisnis ia dapatkan dari pekerjaannya sebagai sales pengantar barang. Berbekal keahlian marketing yang dimilikinya, ia pun dipercaya beberapa kolega untuk menjual berbagai barang dagangan milik koleganya. Alhasil, I Made Anatayana dapat menjalankan bisnis awalnya dengan benar-benar tanpa modal, hanya berbekal kepercayaan dan meminjam tempat milik keluarganya untuk ia jadikan gudang sementara, karena di masa itu ia belum mampu untuk menyewa sebuah kios.

Bagi sebagian orang bekerja sambil membangun small bisnis adalah hal yang sulit dan menyita waktu. Ya, berbisnis sambil bekerja memang tidaklah mudah. Namun bagi I Made Anatayana membangun sebuah bisnis harus membutuhkan totalitas dan fokus. Dengan itu perlahan namun pasti bisnisnya mulai medatangkan hasil yang jumlahnya cukup lumayan dibandingkan dengan uang lemburan atau bonus yang tidak pasti jumlahnya.

Hingga setelah di rasa omset bisnis mulai memiliki prospek yang cerah. I Made Anatayana pun langsung bermanuver memantapkan langkahnya untuk fokus dengan bisnis yang ia jalankan. Karena sedari awal I Made Anatayana sudah bermimpi untuk dapat membesarkan usaha miliknya sendiri .

Untuk meraih mimpinya, memanglah harus melalui sejumah tahapan terlebih dahulu. Karena ia sendiri sadar bukan berasal dari keluarga yang kaya raya dan tentu saja modal yang ia miliki sangat terbatas. Saat itu jalan yang terjal harus ia lalui dalam proses merintis usahanya. Meski berhasil mendapatkan banyak orderan, namun kecukupan modal masih menjadi tantangan.

Baca Juga : Menjadi Entrepreneur Sukses Dengan Passion dan Kreatifitas

Semua itu tak lantas membuatnya patah arang, I Made Anatayana pun mencoba berusaha untuk meminjam sejumlah dana di sebuah koperasi dengan jaminan berupa kendaraan sepeda motor miliknya. Memang ada-ada saja jalan Tuhan untuk membantu hambanya yang berteman dengan kegigihan. Diiringi doa dan usaha, akhirnya pinjaman modal untuk kebutuhan bisnis pun dapat tercairkan. Dengan itu, pada tahun 2015 I Made Anatayana dapat menyewa sebuah gerai toko bernama ‘Toko Dwi Artha Jaya’ dan mematangkan bisnisnya sebagai bisnis toko grosir yang berfokus pada kebutuhan sembako pokok masyarakat.

Benar saja, dengan modal yang sudah terpenuhi, bisnis toko grosir itu kemudian dijalankannya dengan penuh strategi dan perhitungan, tentu saja pengalaman untuk mengorganisir suatu usaha perdagangan telah ia tempa dengan berbagai pekerjaaan yang telah dilakoninya sedari kecil, sehingga dalam mengelola usahanya ia dapat menjadi taktis dan ringan, dengan hasil yang optimal. Hasilnya sekarang ‘Toko Dwi Artha Jaya’ ditangannya dapat terus berkembang dan meraksasa dengan fasilitas gudang yang besar dan memadai. Menjual produk – produk ungulan dengan harga yang pantas merupakan visi dari bisnisnya, maka tak ayal toko grosir miliknya yang beralamat di Jalan Pasekan No.89, Batubulan Kangin ini dapat menjadi pilihan sentral masyarakat Gianyar dalam memenuhi segala kebutuhan pokoknya.

Memiliki bisnis yang sukses adalah impian setiap pengusaha. Namun kebanyakan dari mereka menginginkan cara yang instan untuk menggapai kesuksesan tersebut, padahal menurut I Made Anatayana sebuah bisnis besar tentunya dimulai dari awal. Semuanya dibangun dengan jatuh bangun dari bawah menuju puncak kesuksesan. Oleh sebab itu, ia pun menegaskan bahwa dalam membangun bisnis sendiri dibutuhkan niat kuat dan cara yang hebat. Kalau hanya niat saja, semua tidak akan dapat berjalan. Sebelum memulai bisnis I Made Anatayana mempelajari terlebih dahulu bagaimana cara memulainya, apa untung ruginya, apa saja yang harus dipersiapkan, dan lain sebagainya.

Dari sosok I Made Anatayana, kita banyak belajar bahwasanya sebelum memulai suatu usaha hendaknya seseorang harus memperluas wawasan terhadap bisnis yang ingin dijalankan terlebih dahulu secara umum. Suka maupun tidak suka, yang namanya berbisnis tentu semua orang akan dihadapkan oleh risiko kegagalan. Kegagalan baik dalam skala besar atau kecil sekalipun, adalah rintangan yang harus dilewati sebagai seorang pebisnis. Kegagalan memang terkadang membawa sesorang pada satu titik, yaitu menyerah. Namun alih – alih menyerah, justru I Made Anatayana terus maju menerjang peliknya kehidupan, karena ia selalu ingat bahwa dirinya sekarang memiliki tanggung jawab besar sebagai sosok pemimpin keluarga maupun dalam bisnisnya. Oleh sebab itu, perjalanan dan lika – liku hidupnya sesungguhnya telah membuatnya di titik lebih tinggi dalam mengejar impian untuk meraih kesuksesan.

One thought on “Tumbuh Sebagai Insan yang Berkarakter Kuat dan Sukses Membangun Bisnis Dari Nol

Leave a Reply

Your email address will not be published.