Udiyananda Medical Clinic Sebuah Dedikasi Layanan Kesehatan Untuk Kesejahteraan Masyarakat Seutuhnya

Udiyananda Medical Clinic Sebuah Dedikasi Layanan Kesehatan Untuk Kesejahteraan Masyarakat Seutuhnya

Klinik merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yang menyediakan pelayanan medis dasar atau spesialistik. Klinik menjadi suatu instansi layanan kesehatan paling esensial yang hadir ditengah masyarakat sebagai preventif (pencegahan) dan juga operatif (penanggulangan) .

Semakin banyak klinik yang dibangun maka semakin cepat pelayanan kesehatan yang bisa diberikan kepada masyarakat, bukan sebagai pesaing antara instansi kesehatan namun untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat seutuhnya.

Hal itu jugalah yang mendasari sosok bersahaja bernama dr. I Gusti Lanang Putu Udiyana, S.Ked., MM untuk membangun sebuah klinik bernama ‘Udiyananda Medical Clinic’ yang berupaya untuk mendekatkan layanan kesehatan bagi masyarakat di wilayahnya. Lewat tangan dinginnya, Udiyananda Medical Clinic dapat menjadi titik sentral layanan kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Karangasem.

Dalam mengoperasikan kliniknya, dr. Gusti Lanang Putu Udiyana meyakini bahwa integritas merupakan salah satu atribut penting atau kunci dalam membangun sebuah kredibilitas. Hal itulah yang kemudian akan melekat dan dipercaya khalayak untuk mewujudkan segala ekspektasinya, termasuk dalam hal memenuhi layanan kesehatan.

Baca Juga : Mengedukasi Pentingnya Kesadaran Menjaga Kesehatan dan Lingkungan yang Aman Bagi Hewan Peliharaan

Maka baginya ukuran – ukuran prinsip tersebutlah yang dijunjungnya agar ilmu kedokteran yang ia miliki menjadi suatu darma untuk bekerja dengan niat yang tulus membantu masyarakat medapatkan layanan kesehatan yang layak, tanpa pandang bulu. Hingga kini Udiyananda Medical Clinic pun terus membentuk kerjasama dengan beberapa yayasan untuk menggagas program – program bakti sosial bagi masyarakat.
Siapa yang menyangka bahwa profesi yang ia jalankan saat ini bukanlah sesuatu yang di cita – citakan, namun pada kenyataannya perlahan Tuhan akan membuka kesempatan-kesempatan lain yang lebih baik dan tidak pernah ia bayangkan sebelumnya.

Semua bermula saat ia menamatkan pendidikan SMA nya. I Gusti Lanang Putu Udiyana yang pada saat itu hendak masuk perguruan tinggi masih bingung dengan berbagai fakultas yang akan dipilih. Satu-satunya jalan yang ia tempuh ialah berkonsultasi dengan guru bimbingan konseling terlebih dahulu untuk memantapkan jurusan apa yang hendak dipilih. Alhasil dengan bertukar pikiran, pergelutan itu pun kemudian mendapatkan hasil yang menuntunnya untuk mengambil studi jurusan ilmu kedokteran.

Dan lagi – lagi, tanpa diduga I Gusti Lanang Putu Udiyana berhasil melewati berbagai tes dan lulus di fakultas kedokteran yang dipilihnya dengan hasil gemilang. Momen suka cita itu nyatanya tak langsung membuatnya lega, karena ada beberapa faktor yang harus terlebih dahulu ia pikirkan sebelum masuk di fakultas tersebut, salah satu faktor utama yang paling berat baginya adalah faktor finansial. Betapa tidak, sudah bukan rahasia lagi bahwa biaya untuk masuk fakultas kedokteran tidaklah sedikit. Terlebih ia sangat mengerti dengan keadaan ekonomi keluarganya, ayahanda tercinta merupakan seorang guru yang tidak bergelimang harta.

Namun bagaimanapun sulitnya, suri tauladan dan karakter ayahanda tetap mendorong dan memprioritaskan kebutuhan pendidikannya. Melihat kegigihan ayahanda yang tanpa lelah memperjuangkan hajat hidup dan pendidikannya, I Gusti Lanang Putu Udiyana pun kemudian bertekad untuk tidak membuang waktunya dan selalu serius jika itu sudah berkaitan dengan akademis, karena ia tahu betul perjuangan ayahanda untuk tetap bisa menyekolahkannya.

Mungkin lembar kehidupan inilah yang tanpa I Gusti Lanang Putu Udiyana sadari membentuk sikap disiplin dan jiwa berdikarinya.

Hingga setelah menamatkan studi kedokterannya pada tahun 2009, I Gusti Lanang Putu Udiyana pun tidak membuang waktu dan memantapkan langkahnya untuk langsung terjun ke lapangan, bekerja mengabdikan diri kepada masyarakat, sekaligus mencari pengalaman yang akan mengasah kemampuan dan ilmu yang dimilikinya.

Baca Juga : Berani Bertransformasi dan Beradaptasi BPR Sinar Kuta Terus Berorientasi Menggeliatkan UMKM

Bertahun – tahun mengabdikan diri sebagai pelayan kesehatan masyarakat, integritas dan kredibilitas yang dimilikinya itu kemudian berbuah amanah untuk mengemban jabatan sebagai kepala puskesmas yang ia lakoni sembari mengelola ‘Udiyananda Medical Clinic’ yang ia bangun pada tahun 2016.

Dengan fasilitas layanan terpadu ‘Udiyananda Medical Clinic’ terus mengedepankan hal – hal mendesak yang dibutuhkan masyarakat. Pesatnya perkembangan teknologi terutama informasi digital pun diselaraskan, agar tidak lagi mengenal batasan waktu, ruang dan geografis. Konsep – konsep itu yang di rangkum dr. I Gusti Lanang Putu Udiyana untuk terus berinovasi dan bergerak dinamis agar masyarakat dapat selalu terkoneksi.

Dari perjalanan dr. I Gusti Lanang Putu Udiyana yang sukses menggapai impiannya hingga dapat melahirkan sebuah klinik yang bermanfaat bagi masyarakat. Kita belajar bahwa ketika mempunyai integritas untuk menggapai sesuatu, maka itu berarti harus siap dengan segala konsekuensinya. Ketika sudah memilih, maka wajib untuk terus berusaha mewujudkannya. Perkara gagal bukan masalah jikalau usaha telah maksimal. Karena hidup merupakan sebuah misteri yang tidak dapat kita duga – duga akan seperti apa dan bagaimana akhirnya.

Banyak hal yang kita inginkan dalam kehidupan ini, banyak pula harapan yang kita inginkan menjadi mungkin dan yang kita inginkan segera terjadi. Pada dasarnya hidup adalah sebuah rahasia, begitu pula dengan doa. Maka sebagai seorang insan dr. I Gusti Lanang Putu Udiyana meyakini bahwa lika – liku perjalanannya hingga ke titik saat ini tak lepas dari campur tangan Tuhan yang melapangkan setapak demi setapak jalan yang dilewatinya.

One thought on “Udiyananda Medical Clinic Sebuah Dedikasi Layanan Kesehatan Untuk Kesejahteraan Masyarakat Seutuhnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.