Visi dan Misi yang Kuat Untuk Membangun LPD Hebat

Visi dan Misi yang Kuat Untuk Membangun LPD Hebat

Perjalanan hidup setiap orang tentu saja berbeda – beda. Ada orang yang memiliki hidup nyaman sejak kecil, ada juga yang harus ikut serta banting tulang menghidupi keluarga, hingga merasa tidak bahagia dengan kehidupan yang dijalaninya.

Meskipun jalan cerita tiap orang berbeda, namun semua orang tentunya selalu dihadapkan akan dua hal, terus melangkah atau menyerah. Kebahagian pun suatu hal yang menjadi momen yang ditunggu-tunggu dalam fase hidup manusia. Sebaliknya tidak sedikit orang yang merasa putus asa ketika dihadapkan dengan tekanan dan cobaan yang berat.

Namun sikap itu ditepis oleh sosok Wayan Rayun dalam menjalani lika-liku dan pahit manis hidupnya. Siapa yang menyangka bahwa seorang anak petani yang pernah hidup susah dan jauh dari kata mewah ini sekarang dapat sukses dan dipercaya menjadi sosok pimpinan LPD Kesiman yang menjadi gerbong utama laju pergerakan ekonomi Desa Adat Kesiman.

Baca Juga : Pelayanan Internasional Dengan Improve Skill Para Generasi di Ranah Kesehatan

Kepemimpinan Wayan Rayun dalam membangun dan mengorganisir LPD Kesiman sudah tidak diragukan lagi, berbagai program dan langkah-langkah dinamis yang mengutamakan pelayanan para nasabah menjadi hal pokok yang hingga saaat ini terus ia kembangkan. Dengan integritas dan kredibilitas yang dimilikinya, maka tak heran LPD Desa Adat Kesiman mendapatkan banyak apresiasi dari masyarakat dan mendapat berbagai penghargaan skala nasional.

Wayan Rayun merupakan putra asli tanah Dewata, ia dilahirkan di Denpasar. Orang tuanya merupakan petani dan pedagang. Kehidupan yang serba pas – pasan membuatnya sedari kecil harus ikut serta membantu orang tuanya dalam menggerakkan roda ekonomi keluarga, mulai dari membantu pekerjaan di ladang maupun membantu menjajakan dagangan orangtuanya keliling desa. Seingatnya dulu untuk mencukupi hajat hidup berupa makan sehari-hari saja sangat sulit, bahkan untuk dapat makan nasi putih pun susah. Karena di tahun 60an tragedi Gunung Agung yang meletus menghasilkan dampak yang sangat besar, sehingga ketimpangan pertumbuhan ekonomi di Bali pun dirasakan oleh semua orang, akibatnya banyak anak-anak pada saat itu putus sekolah.

Meski dihadapakan dengan berbagai cobaan dan terpaan hidup yang amat berat, sikap kedua orang tuanya untuk terus memprioritaskan pendidikannya sangatlah kuat. Bagi kedua orang tuanya pendidikan adalah hal yang paling krusial sebagai langkah awal untuk membuka pintu gerbang kesuksesan dan dapat berdikari. Hal itu tak lain, agar kehidupan anak-anaknya dapat menjadi lebih baik dikemudian hari.

Alhasil, kesempatan untuk dapat terus bersekolah itu tidak pernah di sia-siakan Wayan Rayun. Tekadnya pun menjadi semakin kuat, karena ia tahu betul perjuangan kedua orang tuanya yang tanpa lelah terus memprioritaskan kebutuhan pendidikannya, meskipun harus bekerja lebih giat dan sampai harus menjual hewan – hewan ternak agar ia dapat terus melanjutkan pendidikan. Dari perjalanan dan suri tauladan kedua orang tuanya inilah, kemudian tanpa sadar membentuk dan membangun karakter Wayan Rayun menjadi sosok yang disiplin dan mempunyai integritas tinggi untuk membangun impian agar dapat berdikari.

Sudah tidak terhitung tetesan air mata dan doa yang mengiringi perjalanan Wayan Rayun dalam menuntaskan pendidikannya hingga lulus perguruan tinggi. Namun perlahan krikil-krikil tajam itu dapat ia lewati dengan kegigihan dan keinginan yang kuat untuk dapat menjadi pribadi yang mandiri.

Memanglah tuhan akan selalu menunjukan jalan terbaik bagi hambanya yang terus berteman dengan kegigihan. Hingga setelah menamatkan kuliah, lembar baru pun harus segera dimulai, maka tak menunggu lama Wayan Rayun pun mengikuti berbagai macam tes untuk masuk menjadi bagian dari LPD Kesiman, dari mulai tes tertulis hingga psikologi. Nyatanya semua itu dapat ia lalui dengan hasil yang gemilang. Sehingga dengan itu ia pun kemudian ditunjuk dan dipercaya untuk mengorganisir dan mengembangkan suatu lembaga LPD Kesiman yang kala itu sedang ingin menggeliat.

Berbicara tentang kiat suksesnya, Wayan Rayun mengatakan bahwa sumber daya manusia menjadi faktor yang paling esensial pada tumbuh kembangnya LPD Kesiman, sehingga sekarang dapat dipercaya oleh seluruh lapisan masyarakat. Untuk mendongkrak potensi – potensi SDM yang dimiliki, ia pun memiliki program berupa study tour ke berbagai kota di Indonesia hingga ke manca negara, sebagai bekal untuk terus menggenjot ide – ide positif untuk terus produktif membangun pelayanan LPD Desa Adat Kesiman menjadi semakin baik dan terus bergerak dinamis dalam pelayanan nasabah di era serba digital saat ini.

Baca Juga : Tangguh dan Inovasi Pejuang UMKM Agar Terus Bertahan di Maraknya Toko Modern

Visi dan misi merupakan hal penting bagi sebuah perusahaan, yang mana keduanya akan menjadi dasar dan acuan bagaimana perusahaan tersebut akan berkembang, serta tujuan apa yang ingin perusahaan capai. Maka dalam hal ini, lewat tangan dingin Wayan Rayun LPD Desa Adat Kesiman memiliki arah dan tujuan pasti pada pergerakannya. “Menjadikan LPD sehat, memiliki daya saing dan terus mengedepankan pelayanan masyarakat” merupakan visi dan misi yang dimiliki LPD Desa Adat Kesiman dalam mengorganisir laju pertumbuhannya. Maka sistem informasi dan sosialisasi pun dengan itu dapat terwujud.

Kesuksesan yang dirasakan oleh sosok Wayan Rayun saat ini merupakan sebuah pencapaian yang dilalui dengan proses panjang dan melelahkan. Tapi, pekerjaan apapun jika dilakukan secara benar dan konsisten maka kesuksesan pun akan semakin dekat dengan pelakunya.

Namun, nyatanya tak sedikit orang-orang yang menutup jalan suksesnya dengan menyerah, ketika dihadapkan dengan keadaan – keadaan pelik dan mungkin hanya doa yang menjadi satu – satunya sandaran untuk tetap teguh menjalani apa yang diimpikan. Perasaan gamang dan mudah menyerah inilah yang kemudian ditepis Wayan Rayun dengan upaya dan berdoa, baginya kedua hal tersebut membuatnya tetap kokoh dalam menghadapi permasalahan yang mendera hidup. Sebagai seorang insan, ia pun meyakini bahwa campur tangan Tuhan lah yang memudahkan tapak demi tapak langkah kakinya dalam menaiki anak tangga kesuksesan.

Dalam dunia bisnis, ada istilah product life cycle. Yang berarti setiap usaha atau lembaga mempunyai masa puncak dan masa tenggelam. Oleh karena itu, di era yang serba canggih ini, inovasi menjadi kunci utama Wayan Rayun dalam menciptakan ide dan program – program baru LPD Desa Adat Kesiman. sehingga ketika arus persaingan bisnis semakin deras, ia tetap bisa bersaing di segmennya dari waktu ke waktu.

Kebanyakan orang hanya menengok akan pencapaian yang diperoleh oleh seseorang. Dengan rasa kagum menyaksikan, tanpa tahu betapa orang tersebut bisa membangun impiannya dari puing – puing problematika. Menilik perjalanan hidup Wayan Rayun dalam mencapai impiannya, harusnya membuat kita sebagai seorang insan untuk berhenti meratapi nasib buruk dan berkeluh kesah. Semangat untuk bangkit dan kerja keras untuk menyelamatkan yang masih tersisa adalah romantika kehidupan yang harus di jalankan dengan penuh harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *