Masa Muda Adalah Masa yang Tepat Berani Ambil Resiko

Masa Muda Adalah Masa yang Tepat Berani Ambil Resiko

Masih muda dan sudah aktif menjalankan bisnis sendiri, bukan main – main I Made Ari Cahya Buana, S.T., pemilik dari usaha kontraktor “CV. Virajita Jaya Karya” harus menurunkan egonya dari kehidupan bersenang – senang yang umumnya dirasakan seperti kawan – kawan seusianya. Namun rasanya tidak adil juga, bila kita menghakimi seseorang hanya dari gambaran umum semata, padahal nasib seseorang kembali lagi pada diri masing – masing. Siapa yang bisa mengambil pelajaran dari setiap tantangan yang dihadapi, dialah yang akan terus maju dan tampil dengan versi terbaik.

Jeli melihat peluang, begitulah gambaran yang berhasil ditangkap Ari Cahya saat memutuskan akan menggeluti sebuah usaha. Tak hanya memiliki ide cemerlang dan membayangkan akan mewujudkan-nya, ia juga benar – benar mengambil langkah nyata, agar impiannya tak sekedar hanya menjadi lamunan dan tak memiliki keberanian untuk mewujudkannya.

Baca Juga : Temukan Pencerahan Dengan Pola Pikir Seimbang di Masa Pandemi

Tentunya pria kelahiran Badung 28 November 1997 ini tak gegabah juga dalam melangkah, meski dalam prinsipnya “Masa muda adalah masa yang tepat untuk ambil resiko”, namun tak bodoh juga mengambil resiko yang tidak perlu atau keluar dari resiko yang diperhitungkan sesuai dengan bidang yang dijalankan. Dalam kondisi ini, ia berupaya melakukan yang terbaik dari ilmu dan pengalaman yang ia punya, bila hasilnya kurang sesuai dengan harapan, setidaknya tak ada penyesalan yang berarti, karena sudah berada di jalur yang benar dan seharusnya.

Perintisan usaha yang beralamat di Jalan Sahadewa I, Sembung, Kec. Mengwi ini, tak muluk – muluk pasti harus ada modal berupa materi. Ari Cahya menjelaskan jangan terlalu memikirkan bagaimana proses untuk mendapatkan modal tersebut, tapi fokuskan bagaimana agar modal bisa dimanfaatkan dengan sebijak mungkin. Apalagi di usia muda, pasti tidak sedikit ada godaan – godaan yang masuk ke telinga untuk melakukan sesuatu yang sifatnya hanya kesenangan sesaat saja. Padahal di usia yang bisa dikatakan belum memiliki tanggungan yang banyak, terlebih belum menikah, kita memiliki kesempatan untuk berkreatifitas sesuai dengan apa yang menjadi semangat kita. Berbeda halnya saat kita sudah menikah, kita mungkin akan berpikir dua kali untuk mulai berwirausaha karena memikirkan resiko yang akan didapat.

Selain motivasi yang tumbuh dari diri sendiri, Ari Cahya mendapat dukungan untuk bergerak di bidang kontraktor dari orangtua, khususnya ayah. Di mana sejak remajanya, ia sudah terbiasa menyaksikan bagaimana ruang lingkup pekerjaan ayahnya tersebut. Hingga tanpa sadar terhanyut dalam suasana dan berkeinginan untuk berkecimpung di bidang yang sama. Seiring berjalannya waktu, semangat di bidang kontraktor pun semakin ia rasakan, terbukti saat pengalamannya mengerjakan gambar proyek saat masih di bangku kuliah, ia bisa tak mengenal waktu karena saking menikmatinya.

Baca Juga : Berdedikasi sebagai Pelayanan Masyarakat maupun Berwirausaha

Proyek – proyek perdana yang dikerjakan Ari Cahya saat itu masih sederhana, salah satunya mendapat amanat langsung dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mengerjakan proyek sederhana yakni pembangunan dapur bekas kebakaran. Selain itu juga merambah ke jual gambar desain rumah atau bangunan, hingga ke proyek pemerintahan.

Jobdesk pengerjaan proyek – proyek atau renovasi tersebut pun masih berjalan aman dan sudah menjadi bagian dari pertahanan usaha CV. Virajita Jaya Karya. Namun tak menutup kemungkinan ada plus minus dari masing – masing proyek. Misalnya proyek pemerintah memiliki pengawasan yang jelas, tapi tantangannya ada pada birokrasinya. Terlepas dari pengalaman tersebut, Ari Cahya bersyukur karena masih dipercaya sebagai rekanan proyek dari pihak swasta, seperti penginapan, usaha kost – kostan, ruko, rumah pribadi dan pemerintahan meliputi tingkat kabupaten dan provinsi.

Yang menjadi kelebihan daripada CV. Virajita Jaya Karya ialah free biaya dari perencanaan yang meliputi desain rumah, gambar 3D + rendering, analisa struktur dan gambar kerja berupa 2D. Demi menjaga kepercayaan owner dan merasa aman, CV. Virajita Jaya Karya juga memberikan jaminan uang muka dan jaminan pemeliharaan berupa garansi bank. Dengan konsep modern, minimalis atau memiliki konsep bali tropis dan lain-lain, CV. Virajita Jaya Karya siap membantu yang dikerjakan oleh kontraktor berpengalaman dan memiliki izin di bidangnya dengan kualitas yang terjamin.

3 thoughts on “Masa Muda Adalah Masa yang Tepat Berani Ambil Resiko

Leave a Reply

Your email address will not be published.