Sosok Usahawan Muda yang Sukses Memajukan Koperasi

Sosok Usahawan Muda yang Sukses Memajukan Koperasi

Koperasi merupakan gerakan ekonomi rakyat yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan melandaskan kegiatannya pada prinsip – prinsip kebersamaan. Maka, kerjasama antar anggotanya sangat diperlukan untuk mewujudkan tujuan utamanya, yakni meningkatkan kesejahteraan para anggotanya dan kemakmuran masyarakat.

Sama halnya dengan Koperasi Nirmala yang hadir di tengah masyarakat dan dipimpin oleh sosok usahawan muda bernama I Nengah Darma Aba. Sejak awal berdirinya pada tahun 2011 hingga kini terbukti sukses menjadi fondasi fundamental berdenyutnya ekonomi daerah.

Baca Juga : Sederhana Tampilan Luar Namun Ber-Pelayanan Bintang Lima

Peran koperasi Nirmala dalam meningkatkan perekonomian masyarakat sudah tidak diragukan lagi, dengan pengalaman lebih dari satu dekade, integritas dan kredibilitas itu nyatanya mendapat perhatian penuh dari masyarakat, sejalan dengan antusias masyarakat yang semakin tinggi untuk bergabung.
Lewat tangan dingin I Nengah Darma Aba, Koperasi Nirmala semakin sigap dalam menanggapi laju pergerakan ekonomi dan tren bisnis di era digital ini. Tak dipungkiri perkembangan teknologi mempunyai peran penting dalam sektor ekonomi dan bisnis, karena dengan adanya perkembangan teknologi tersebut akan dapat membantu mempermudah setiap orang dalam meningkatkan exposure bisnisnya.

Sehingga hal tersebut memang sangat menguntungkan para entrepreneur atau perusahaan yang memang sangat membutuhkan teknologi pembantu dalam memajukan ekonomi bisnisnya. Menanggapi hal itu I Nengah Darma Aba, terus bermanuver menciptakan inovasi untuk mengimbangi era teknologi saat ini dengan sistem serba digital, pembenahan demi pembenahan itu dilakukan agar dapat memberikan pelayanan maksimal kepada para anggotanya.

Terlebih dengan diwujudkannya ‘Aplikasi Nirmala Hadir’ yang menjadi program dari Koperasi Nirmala yang bertujuan untuk merangkul usaha para anggota dan masyarakat, inovasi ini terbukti sukses menjadi salah satu tonggak kemajuan ekonomi daerah dalam memasarkan produk barang atau jasanya dengan teknologi informasi yang memberikan ruang dan peluang yang lebih luas bagi para pelaku wirausahawan.

I Nengah Darma Aba meyakini bahwa globalisasi ekonomi yang saat ini sedang terjadi harus disikapi dengan cermat oleh setiap lini masyarakat. Karena di Bali sendiri pergerakan arus globalisasi yang terjadi begitu cepat dapat membuat banyak perubahan bagi pelaku wirausahawan, maka dari itu jika Bali tidak memiliki sumber daya manusia yang mampu mengatasi dan menghadapinya lama kelamaan Bali akan semakin tertinggal mengejar laju industri saat ini.

Sosok I Nengah Darma Aba bisa dibilang sebagai salah usahawan termuda yang terjun dan menggeluti dunia koperasi. Di usianya yang masih menginjak 30 tahun, I Nengah Darma Aba nyatanya membuktikan bahwa kegigihan untuk belajar disertai dengan adaptasi perkembangan milenial dapat menghasilkan inovasi-inovasi yang segar dan mengena dengan isu – isu tren terkini.

Dengan diberikannya amanah untuk langsung mengorganisir lembaga koperasi memberikannya banyak pelajaran yang menyangkut industri perbankan dan simpan pinjam. Sehingga momen berdirinya Koperasi Nirmala ini merupakan titik balik kehidupan I Nengah Darma Aba yang menempa pribadinya menjadi sosok yang mempunyai tujuan pasti, karena mengelola koperasi menurutnya bukan menyangkut keuntungan individu, namun keguyuban untuk dapat maju bersama. Hal tersebut menjadi mindset dan juga visi bagi I Nengah Darma Aba dalam menjalankan amanah yang diberikan kepadanya, sehinggga sikap disiplin dan integritas pun dapat terbentuk.

Baca Juga : Tantangan Tanamkan Rasa Memiliki Dari Masyarakat Untuk Pasar Tradisional

Tentu di masa awal dalam menjalankan program koperasi banyak tantangan – tantangan yang harus dilewati terlebih dahulu. Terutama pada proses penyuluhan untuk mendapat antusiasme masyarakat. Namun berkat sumber daya yang solid dan berkompeten, ditambah dengan berbagai program-program yang esensial, maka perlahan antusiasme masyarakat dapat terbangun, dan Koperasi Nirmala mendapat perkembangan gemilang yang berbuah kepercayaan oleh berbagai lapisan masyarakat.

Dalam proses penitian karirnya, sebagai seorang insan I Nengah Darma Aba menyadari bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa berjalan sendiri untuk mencapai tujuannya, maka dari itu ketika menjalani proses tersebut semuanya harus mempunyai landasan etika yang baik sehingga hubungan dengan lingkungan sosial bermasyarakat akan selalu ia junjung tinggi agar keselarasan terjalin dan sinergitas dan peluang akan terbuka semakin luas.

Zaman semakin maju persaingan hidup makin ketat, sementara kebutuhan hidup manusia semakin bertambah. Mengingat hal tersebut, kini semua orang harus terus berusaha meningkatkan kreatifitas- nya, karena hal tersebut sangat diperlukan untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Selain itu juga di butuhkan produktifitas yang tinggi untuk bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

I Nengah Darma Aba pun mengajak semua lapisan masyarakat untuk mengedukasi diri agar dapat membangun mindset berbisnis dan bersama memajukan perekonomian daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui koperasi yang sehat.

3 thoughts on “Sosok Usahawan Muda yang Sukses Memajukan Koperasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.