Pendidikan dan Tindakan yang Berbuah Kesuksesan

Pendidikan dan Tindakan yang Berbuah Kesuksesan

Membangun sebuah bisnis dental care kesehatan adalah sebuah langkah yang berpeluang menghasilkan keuntungan yang fantastis. Pasalnya, kebutuhan akan perawatan kesehatan merupakan sebuah kebutuhan yang tidak pernah habis. Itulah sebabnya bisnis yang berkaitan dengan kesehatan sangat prospektif dan bersifat long term bussines.

Sebagai kebutuhan primer manusia, keberadaan dental care tentu sangat dibutuhkan di setiap penjuru daerah. Berdasarkan hal itu, seorang dokter gigi dan juga pengusaha muda asal Bali bernama drg. Made Deby Artika, M.M., Sp. Perio. memantapkan langkahnya membuka sebuah dental care untuk kesehatan gigi dan gusi bernama ‘TW Dental Care’ yang berfokus pada spesialis jaringan penyangga gigi. Membuka dental care-nya di kawasan Denpasar selatan, ‘TW Dental Care’ tak ayal menjadi layanan fundamental yang menjadi pilihan masyarakat Denpasar untuk memeriksa kesehatan gigi dan gusinya.

Tentu didikan dan suri tauladan orang tua akan menempa karakter seorang anak untuk bisa berkembang dan memiliki mindset positif yang berjiwa berdikari.

Baca Juga : Sosok Visioner Laju Pertumbuhan LPD Kerobokan

drg. Made Deby Artika terlahir dari keluarga sederhana, ayahnya adalah seorang PNS dan ibunya adalah seorang tenaga kesehatan. Terlahir dari keluarga yang berpendidikan nyatanya membuat sosok drg. Made Deby Artika sedari kecil sudah dididik untuk disiplin menata pengendalian diri, dan konsisten dalam memprioritaskan pendidikan. Termasuk dalam hal mewujudkan cita – citanya yang sedari kecil ingin menjadi seorang dokter. Terbukti dengan didikan dan suri tauladan kedua orang tuanya itu kini cita-cita itu dapat terwujud.

Kesuksesan dalam membangun sebuah bisnis baginya bukanlah hal yang instan, maka dari itu setelah menamatkan studi kedokterannya di tahun 2012, drg. Made Deby Artika pun tidak ingin membuang waktunya dengan langsung bekerja guna mencari pengalaman di sebuah dental care.

Meskipun sudah memiliki pekerjaan dan berada di zona nyamannya, keinginan untuk melanjutkan pendidikan S2 nya pun semakin menggebu, mungkin tanpa disadari sikap disiplin yang diajarkan kedua orang tua tercinta untuk selalu mengedepankan pendidikan, telah membentuk pribadi drg. Made Deby Artika selalu ingin menambah wawasan ilmunya. Alhasil, ia pun melanjutkan kuliah S2 nya pada bidang manajemen sembari bekerja. Tak berhenti disitu, setelah menyelesaikan pendidikan S2 nya ia pun tak lantas cepat berpuas hati dan kembali melanjutkan pendidikan spesialis kedokterannya di bidang periodonsia atau lebih dikenal jaringan penyangga gigi.

Hasil gemilang yang diraihnya dalam dunia pendidikan, tentu mendapatkan jalan karir yang terbuka lapang, tak lama setelah menyelesaikan studi spesialisnya, ia pun segera diterima untuk bekerja sebagai dokter spesialis di suatu rumah sakit.

Sehingga momen inilah yang menjadi titik balik kehidupannya, karena seperti mimpi yang menjadi kenyataan. Cita-cita yang memikatnya sedari kecil kini telah tervaliditas. Tentu kesuksesan yang dirasakan drg. Made Deby Artika adalah buah dari kerja keras dan kegigihannya yang tanpa lelah terus bergerak maju meski ada saja sandungan yang menghadang, terlebih dalam hal membagi waktu antara bekerja dan kuliah.

Jiwanya yang sangat berdikari kemudian menuntunnya untuk kemudian membuka sebuah dental care miliknya sendiri. Karena seenak apapun bekerja dengan orang lain, baginya merintis suatu bisnis yang berkaitan dengan profesi dan passion-nya merupakan pintu pembuka untuk menapaki tangga kesuksesan yang sebenarnya. Meskipun dalam berbisnis pasti ada-ada saja lika – liku yang mewarnai perjalanannya, nyatanya hal itu akan menjadi pelajaran dan bekal ilmu agar kedepannya dapat memperkuat strategi bisnis atau menciptakan ide-ide baru yang akan menguatkan visi dan misi bisnisnya. Mental dan karakter berdikari itulah yang membuat sosok dokter dan pengusaha muda ini terus gencar untuk berinovasi.

Baca Juga : Jiwa Bebas Sang Pembalap Temukan Potensi Diri dan Sukses di Medannya

Berbicara tentang kunci kesuksesannya dalam membangun bisnis, ia mengatakan bahwa membangun komunikasi dan kedekatan emosional dengan para pasiennya merupakan faktor utama dan penentu kesuksesannya dalam menjalankan usaha. Karena sebagai seeorang dokter yang melayani masyarakat drg. Made Deby Artika sadar bahwa ia harus terus bisa berinovasi dan terus belajar dari manapun termasuk dari para pasiennya. Hal positif lainnya adalah, dengan sikap tersebut kenyamanan dan keterbukaan komunikasi dengan pasien pun akan didapat.

Alhasil dengan kecakapan dengan membentuk kultur komunikasi dan kedeketan dengan para pasiennya, maka ‘TW Dental Care’ secara tidak langsung bisa mendapatkan benefit berupa promosi yang organik ‘dari mulut ke mulut’ dari pasien – pasien yang telah merasakan manfaat dan kepuasan setelah mendapatkan perawatan dari dental care-nya.

‘TW Dental Care’ beralamat di Jalan Tegal Wangi No.68, Sesetan, Denpasar Selatan. Mengimbangi dunia digital yang ada saat ini, TW Dental Care pun hadir untuk dapat berkomunikasi dengan masyrakat melalui instagram (@tw_dental_care). Hingga saat ini dental care miliknya terus bergerak dinamis dalam hal peningkatan layanan dan konsultasi digital.

Dari sosok drg. Made Deby Artika kita banyak belajar, bahwa tanpa pendidikan yang benar, seorang insan tidak akan mendapatkan ilmu yang berguna dalam menjalani hidup. Dengan ilmu yang memadai disertai dengan doa dan kegigihan, seseorang akan bisa menggenggam mimpi besarnya, lebih lagi dapat berguna bagi masyarakat dan bangsa.

3 thoughts on “Pendidikan dan Tindakan yang Berbuah Kesuksesan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *