Bertindak Lokal, Berfikir Global dan Menjadi Lembaga yang Memberikan Asas Manfaat

Bertindak Lokal, Berfikir Global dan Menjadi Lembaga yang Memberikan Asas Manfaat

Peran Koperasi Serba Usaha dalam keikutsertaannya terhadap pengembangan ekonomi wilayah, terbukti menjadi pondasi paling fundamental untuk menguatkan perekonomian masyarakat lokal dan aktivitas usaha masyarakat disekitarnya.

Sebagai wadah yang menampung perencanaaan usaha dan aktivitas ekonomi masyarakat, Koperasi Serba Usaha/KSU Banjar Sampiang pun hadir dengan berbagai program yang fokus pada produksi dan pengembangan yang berkelanjutan bagi masyarakat.

Baca Juga : Harga Diri LPD Ada Pada Kejujuran, Keadilan dan Bekerja Sesuai Standar Operasional

KSU Banjar Sampiang yang dipimpin oleh sosok putra daerah bernama I Dewa Putu Tageliastha, S.H kini sukses bererak dinamis selaras dengan kemajuan era digitalisasi saat ini. Terbukti lewat tangan dingin I Dewa Putu Tagaliastha, KSU Banjar Sampiang dapat menjadi motor penggerak keberlangsungan ekonomi dan UKM yang semakin menggeliat di era serba online saat ini.

Dari perspektif nasional peran koperasi dan UKM merupakan suatu ukuran untuk menjadikan badan usaha menjadi besar dan maju karena mengacu pada tujuan untuk memenuhi kesejahteraan anggota dalam mengembangkan usahanya. Maka integritas dan kredibilitas KSU Banjar Sampiang sebagai lokotomotif utama yang mendorong perekonomian wilayah, sudah tidak diragukan lagi.

Ditanya tentang kunci susksesnya dalam membangun suatu lembaga yang berorentiasi terhadap pelayanan masyarakat ini, I Dewa Putu Tageliastha meyakini bahwa KSU Banjar Sampiang dapat kokoh karena peran aktif seluruh sumber daya yang ada di wilayah tersebut, juga yang tak kalah penting adalah adanya sinergitas antara lembaga dan komunitas masyarakat dalam proses kerjasama untuk terus bertumbuh bersama.

Meski dalam proses pengembangannya tidaklah mudah dan penuh tantangan, bagi I Dewa Putu Tageliastha semua itu dapat terlewati melalui bentuk sosialisasi secara langsung dan berulang untuk bertujuan mengubah persepsi masyarakat terhadap koperasi.

Setelah sosialisasi berhasil menaikan animo masyarakat, maka strategi diversifikasi ekonomi pun digerakkan sebagai manuver I Dewa Putu Tageliastha untuk mencakup penambahan dan perluasan pasar yang berhubungan dengan bentuk kerjasama antar lembaga agar dapat menciptakan suatu keunggulan dan daya saing.

Peningkatan iklim pengkoperasian memanglah terus meningkat setiap tahunnya sebagai upaya setiap daerah untuk menggerakkkan dan berperan membantu pemerintah pusat untuk mempunyai suatu lembaga otonomi yang mandiri dalam hal menyokong pembangunan dan ekonomi. Peran setiap koperasi pun tentunya berbeda-beda sesuai dengan visi dan misinya masing-masing.

Baca Juga : Berbelanja Atau Menyewa Kebutuhan Kebaya dan Aksesorisnya Cukup di Satu Tempat

Namun bagi I Dewa Putu Tageliastha hadirnya KSU Banjar Sampiang bukan hanya berkutat seputar tentang usaha, tapi juga sebagai lembaga yang dapat memberikan asas manfaat bagi masyarakat luas, terlebih bagi masyarakat disekitarnya, anggota dan kemajuan infrastruktur desa, sesuai dengan gagasan awal dan prinsip KSU Banjar Sampiang berdiri.

Sebagai bentuk perwujudannya, hingga saat ini KSU Banjar Sampiang masih turut aktif menyokong dan menggalakan program untuk berbagai kegiatan sosial. Mulai dari pembagian sembako kepada warga banjar hingga dukungan materil tali kasih terhadap para anggotanya yang mempunyai riwayat sakit.

Dalam proses penitian karirnya, sebagai seorang insan I Dewa Putu Tageliastha menyadari bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa berjalan sendiri untuk mencapai tujuannya, maka dari itu ketika menjalani proses tersebut semuanya harus mempunyai landasan etika yang baik sehingga hubungan dengan lingkungan sosial bermasyarakat akan selalu ia junjung tinggi agar keselarasan terjalin dan pintu rejeki akan terbuka semakin luas.

Zaman semakin maju, persaingan hidup makin ketat, sementara kebutuhan hidup manusia semakin bertambah. Mengingat hal tersebut, kini semua orang harus terus berusaha meningkatkan kreatifitasnya, karena hal tersebut sangat diperlukan untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Selain itu juga di butuhkan produktifitas yang tinggi untuk bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. I Dewa Putu Tageliastha pun mengajak semua lapisan masyarakat untuk mengedukasi diri agar dapat membangun mindset berbisnis kedepannya.

5 thoughts on “Bertindak Lokal, Berfikir Global dan Menjadi Lembaga yang Memberikan Asas Manfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published.